Tautan-tautan Akses

435 Warga Korsel Masuki Korut untuk Reuni Keluarga


Warga Korea Selatan di Seoul sebelum menuju Korut untuk melakukan reuni, Jumat 29 Oktober 2010.

Warga Korea Selatan di Seoul sebelum menuju Korut untuk melakukan reuni, Jumat 29 Oktober 2010.

Reuni keluarga itu tetap dilaksanakan walaupun terjadi insiden baku tembak hari Jumat di zona bebas militer kedua negara.

Bus-bus yang mengangkut lebih dari 435 orang warga Korea Selatan memasuki Korea Utara hari Sabtu untuk bertemu sebentar dengan sanak saudara mereka yang terpisah dari mereka sejak 60 tahun yang lalu oleh Perang Korea.

Ke-97 keluarga akan bertemu selama 3 hari dengan sanak saudara yang sudah lanjut usia di tempat peristirahatan di Pegunungan Berlian, Korea Utara. Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan bahwa setelah reuni ini, satu rombongan 100 keluarga lagi akan dipertemukan mulai hari Rabu sampai dengan Jumat di tempat yang sama.

Para pejabat Korea Selatan mengatakan kira-kira 17.100 orang dari 3.500 keluarga telah dipertemukan dalam 17 acara sejak program itu dimulai tahun 2000. Lebih dari 550 keluarga telah dipertemukan melalui video.

Reuni itu tetap dilaksanakan walaupun terjadi insiden hari Jumat dimana Korea Utara melepaskan dua kali tembakan ke seberang zona bebas militer yang memisahkan kedua negara dan pasukan Korea Selatan membalas tembakan itu.

XS
SM
MD
LG