Tautan-tautan Akses

4 Tewas dalam Penembakan Bis Sekolah di Pakistan


Salah seorang anak sekolah yang luka-luka akibat penembakan bis sekolah dirawat di rumah sakit Peshawar (13/9).
Salah seorang anak sekolah yang luka-luka akibat penembakan bis sekolah dirawat di rumah sakit Peshawar (13/9).

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan dekat Peshawar itu, dan mengatakan murid sekolah dalam bis itu berasal dari suku yang memerangi Taliban.

Pejabat-pejabat Pakistan mengatakan orang-orang bersenjata menyerang bis sekolah di Pakistan barat laut menewaskan empat anak dan Sopirnya.

Sekurangnya 16 orang lainnya sebagian besar anak-anak cedera dalam serangan hari Selasa dekat kota Peshawar dekat perbatasan Pakistan dan Afghanistan.

Polisi mengatakan awalnya militan mengarahkan roket ke bis itu tapi meleset lalu melepaskan tembakan. Pada saat kejadian bis itu sedang membawa anak-anak pulang sekolah.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Juru bicara Taliban mengatakan anak-anak yang berada dalam bis itu berasal dari suku setempat yang memerangi pemberontak di kawasan itu. Ia memperingatkan militan Taliban akan terus melancarkan serangan-serangan serupa.

Sekjen PBB Ban Ki-Moon mengecam serangan itu menyebutnya “tindakan teroris yang mengerikan”. Ia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga-keluarga korban.

Kawasan tempat serangan terjadi merupakan kubu pertahanan militan terkait al-Qaida dan Taliban yang dimasa lalu menyasar warga sipil.

Dalam kejadian terpisah, polisi mengatakan ketua partai yang berkuasa di Pakistan barat laut tewas hari Selasa dalam serangan bom pinggir jalan dekat Lembah Swat yang pernah dikuasai Taliban. Sher Khan ketua Partai Nasional Awami berada di dalam sebuah kendaraan ketika serangan bom terjadi. Pejabat polisi mengatakan supir Khan dan pengawalnya cedera dalam serangan itu.

XS
SM
MD
LG