Tautan-tautan Akses

4 Tentara NATO Tewas di Afghanistan selagi PM Inggris Kunjungi Kabul


PM Inggris David Cameron bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul (5/7).

PM Inggris David Cameron bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai di Kabul (5/7).

Di Kabul, PM Cameron bertemu sejumlah pemimpin termasuk Presiden Hamid Karzai dan komandan militer AS Jendral David Petraeus.

Misi NATO di Afghanistan mengatakan empat anggotanya tewas dalam dua serangan terpisah di Afghanistan timur selagi Perdana Menteri David Cameron mengunjungi ibukota Kabul dan menjanjikan peningkatan bantuan Inggris untuk negara itu. Kewarganegaraan para tentara itu tidak diungkapkan.

Selama lawatannya di Kabul Cameron bertemu dengan sejumlah pemimpin termasuk Presiden Afghanistan Hamid Karzai dan komandan militer Amerika Jendral David Petraeus.

Perdana Menteri Cameron mengulangi komitmen Inggris kepada Afghanistan dan mengatakan Inggris akan memberi bantuan 287 juta dolar pada Afghanistan dalam12 bulan yang akan berakhir pada April 2012, naik 167 juta dolar pada periode 12 bulan sebelumnya. Ia juga mengumumkan rencana untuk membangun akademi militer di Afghanistan mencontoh akademi Sandhurst yang terkenal di Inggris.

Dalam konferensi pers bersama dengan Karzai, Cameron menyerukan kepada Taliban untuk menghentikan pengeboman, pembunuhan dan pertempuran dan ikut dalam proses politik untuk menjadi bagian dari masa depan Afghanistan.

Cameron mengatakan, Afghanistan bisa belajar dari pengalaman Inggris di Irlandia Utara dimana katanya militan separatis Irlandia yang berada di belakang serangan-serangan terhadap warga sipil dan pasukan keamanan sekarang telah menjadi politisi yang terlibat dalam pemerintahan.

XS
SM
MD
LG