Tautan-tautan Akses

4 Orang Mengaku Bersalah Rencanakan Bom Bursa Saham London


Polisi kota London menjaga pintu masuk ke Lapangan Paternoster Square dan bursa saham London (foto: dok).

Polisi kota London menjaga pintu masuk ke Lapangan Paternoster Square dan bursa saham London (foto: dok).

Empat laki-laki di Inggris telah mengaku bersalah karena berencana untuk meledakkan Bursa Saham London dan target-target lainnya.

Keempat laki-laki tersebut termasuk di antara sembilan tersangka yang ditangkap pada bulan Desember 2010 dan dijadwalkan akan diadili dengan tuduhan berencana mengirim sejumlah bom surat.

Mereka semua tadinya mengajukan permohonan tidak bersalah, tetapi pada hari Rabu keempatnya mengaku bersalah atas rencana di bursa saham tersebut. Lima tersangka lainnya mengakui tuduhan yang lebih ringan.

Tim jaksa mengatakan ke-9 tersangka bukan anggota Al-Qaeda, tetapi terinspirasi oleh jaringan teror – khususnya oleh ustad kelahiran Amerika Anwar al-Awlaqi yang berbasis di Yaman dan tewas tahun lalu dalam serangan pesawat tanpa awak Amerika.

Mereka mengatakan kesembilan terdakwa bermaksud “mewujudkan strategi yang telah dipublikasikan Al-Qaeda di Semenanjung Arab”.

Sebuah daftar target yang ditulis tangan di salah satu rumah terdakwa, berisi daftar nama dan alamat walikota London, dua rabbi, kedutaan besar Amerika dan bursa saham. Para tersangka akan dijatuhi hukuman pekan depan.

XS
SM
MD
LG