Tautan-tautan Akses

311 Jenazah Korban Gempa dan Tsunami Diangkat


Tentara Indonesia berdiri di antara jenazah korban letusan gunung Merapi di Umbulharjo, Yogyakarta, Indonesia.

Tentara Indonesia berdiri di antara jenazah korban letusan gunung Merapi di Umbulharjo, Yogyakarta, Indonesia.

372 masih hilang setelah ombak tsunami setinggi 3 meter melenyapkan desa-desa hari Senin di kepulauan Mentawai yang terpencil.

Para pejabat becana di Indonesia mengatakan tiga ratus sebelelas jenazah telah diangkat dari bencana gempabumi dan tsunami di lepas pantai Sumatera, sementara lebih dari tiga puluh orang dipastikan tewas dalam letusan gunung berapi di Jawa Tengah.

372 orang lagi masih hilang setelah ombak tsunami setinggi 3 meter melenyapkan desa-desa hari Senin di kepulauan Mentawai yang terpencil, di lepas pantai Sumatera Barat.

Cuaca buruk menghambat sebagian besar petugas pertolongan dan bahan pertolongan mencapai tempat bencana sampai hari Rabu. Pertanyaan telah timbul apakah sistem peringatan dini negara gagal memperingatkan penduduk. Sistem itu dipasang setelah tsunami Samudera Hindia tahun 2004 yang menewaskan dua ratus tiga puluh ribu orang, kira-kira separuh dari korban jatuh di provinsi Aceh.

Kira-kira 1.300 kilometer ke timur di Jawa Tengah, para pejabat bencana sedang memeriksa besarnya kerusakan akibat letusan Gunung Merapi hari Selasa, gunung berapi yang paling aktif di Indonesia.

Korban tewas, antara lain, seorang pria lanjut usia yang dikenal sebagai juru kunci gunung itu.

XS
SM
MD
LG