Tautan-tautan Akses

3 Tewas, Puluhan Lainnya Hilang dalam Kecelakaan Kapal Pesiar di Italia


Kapal pesiar mewah Italia 'Costa Concordia' kandas beberapa ratus meter di lepas pantai Goglio, Tuscany, hari Jumat malam (13/1).

Kapal pesiar mewah Italia 'Costa Concordia' kandas beberapa ratus meter di lepas pantai Goglio, Tuscany, hari Jumat malam (13/1).

Media berita Italia mengatakan pihak berwajib telah menahan kapten kapal pesiar mewah yang kandas di lepas pantai Tuscany.

Kantor Berita Italia ANSA mengutip jaksa setempat yang mengatakan Kapten Francesco Schettino ditahan hari Sabtu setelah dimintai keterangan selama beberapa jam. Schettino adalah kapten kapal Costa Concordia yang kandas itu hanya beberapa ratus meter di lepas pantai Goglio, Tuscany, Jumat malam.

Tiga mayat ditemukan di laut, dan pihak berwajib mengatakan paling sedikit 40 orang masih hilang hampir 24 jam setelah kejadian itu. Kantor Berita ANSA mengutip para pejabat mengatakan, ketiga orang itu adalah, dua orang dari Perancis dan seorang awak kapal dari Peru.

Operasi penyelamatan darurat terhenti pada malam hari, Sabtu, setelah para penyelam seharian melakukan pencarian di kapal pesiar yang setengah tenggelam itu dan para penjaga pantai melakukan pencarian di perairan sekitarnya.

Para penumpang kapal yang berhasil mendarat dengan selamat menceriterakan tentang evakuasi yang kacau balau dan mengerikan. Seorang penumpang Amerika mengatakan kapal itu miring dengan cepat sehingga kapal-kapal sekoci penolong tidak dapat diturunkan.

Para petugas SAR menggunakan sekoci-sekoci penolong dan helikopter untuk mengevakuasi lebih dari 4.000 penumpang dan awak kapal ke pulau Giglio and Porto Santo Stefano di Italia, Sabtu pagi.

Para penyelam mencari orang-orang yang mungkin terperangkap di dalam kapal Costa Concordia itu. Pasukan penjaga pantai sedang mencari korban-korban lainnya di perairan di lepas pantai Goglio, Tuscany.

Pemimpin operasi penyelamatan mengatakan, jumlah orang yang hilang belum dapat dikukuhkan karena kekacauan di sekitar kejadian itu. Penjaga pantai memperkirakan, kira-kira 70 orang hilang.

Belum diketahui mengapa kapal itu kandas. Kapal Costa Concordia panjangnya 290 meter, mempunyai 13 dek, 13 bar, 5 restoran, 4 kolam renang, dan 500 kamar mewah dengan balkon.

XS
SM
MD
LG