Tautan-tautan Akses

3 Senator AS Prihatin Rencana Penarikan Pasukan dari Afghanistan


Tiga Senator AS yang berkunjung ke Afghanistan, dari kiri: John McCain, Lindsey Graham, dan Joe Lieberman.

Tiga Senator AS yang berkunjung ke Afghanistan, dari kiri: John McCain, Lindsey Graham, dan Joe Lieberman.

Penarikan pasukan itu dinilai tiga Senator AS yang berkunjung ke Afghanistan, akan menghalangi usaha untuk mengalahkan Taliban.

Tiga orang senator Amerika yang berkunjung ke Afghanistan menyatakan keprihatinan atas rencana presiden Barack Obama untuk menarik 33.000 tentara dari negeri itu menjelang bulan September tahun depan. Kata mereka, penarikan pasukan itu akan menghalangi usaha untuk mengalahkan Taliban.

Ini dikatakan oleh Senator Partai Republik, John McCain dan Lindsey Graham serta senator independen Joe Lieberman dalam wawancara pers di ibukota Afghanistan, Kabul hari Minggu.

Kata McCain, penarikan pasukan itu menciptakan “risiko yang tidak perlu” dan tidak didukung oleh komandan-komandan militer Amerika.

Ketiga senator itu juga menyerukan diambilnya sikap lebih tegas terhadap Pakistan. Kata senator Lieberman, Amerika ingin menjadi kawan Pakistan, tapi Pakistan harus memutuskan “apakah mau menjadi kawan atau musuh kami.”

Sementara itu, pemerintah Inggris akan mengumumkan penarikan sedikitnya 500 orang tentaranya dari Afghanistan menjelang akhir tahun depan. Keputusan ini menyusul pengumuman presiden Obama bahwa 10,000 tentara Amerika akan ditarik tahun ini.

Tentara Inggris adalah kontingen asing terbesar kedua di Afghanistan. Kira-kira 9,500 tentara Inggris ditempatkan di propinsi Helmand di bagian selatan, kawasan yang dianggap paling rusuh.

Pemerintah Jerman mengatakan hari minggu, akan menarik 500 dari kira-kira 5,000 orang tentaranya di Afghanistan menjelang akhir tahun ini.

XS
SM
MD
LG