Tautan-tautan Akses

22 Ribu Pemenang Lotere Green Card AS Terpaksa Dibatalkan


Hasil undian untuk mendapatkan 'green card' atau KTP di AS ternyata bermasalah dan harus diulang.

Hasil undian untuk mendapatkan 'green card' atau KTP di AS ternyata bermasalah dan harus diulang.

Kesalahan komputer menyebabkan sebagian besar pemenang dipilih dari mereka yang mengirimkan formulir dalam dua hari pertama pendaftaran.

Kesalahan komputer menyebabkan Amerika keliru memberitahu 22 ribu warga asing menang program lotere green card, yang membuat mereka berhak mendapat visa khusus untuk menetap di Amerika.

Departemen Luar Negeri Amerika hari Jumat membatalkan hasil penarikan lotere melalui komputer itu dan akan melakukan pengundian baru. Pemenang akan diumumkan pertengahan Juli.

Tahun lalu, hampir 15 juta warga asing mengikuti lotere itu dengan harapan kelak akan menjadi salah seorang dari 50 ribu imigran terpilih mendapat green card tanpa disponsor oleh umumnya anggota keluarga atau pengusaha. Lotere itu dimaksudkan untuk menyeleksi 90 ribu calon tapi jumlah itu akan diciutkan setelah berbagai wawancara berdasarkan kriteria ketat dalam pendidikan dan pekerjaan.

Tapi kesalahan komputer menyebabkan sebagian besar pemenang dipilih dari mereka yang mengirimkan formulir dalam dua hari pertama pendaftaran, bukan dari mereka yang mengirim formulir dalam periode pendaftaran selama sebulan, dimulai awal Oktober.

Departemen Luar Negeri mengatakan masalah program komputer di kantor itu telah diperbaiki. Departemen ini meminta maaf atas kesalahan tersebut dan mengatakan pemohon tidak perlu mendaftar ulang untuk penarikan lotere baru ini.

XS
SM
MD
LG