Tautan-tautan Akses

Pasangan Swiss Berhasil Lolos dari Tawanan Taliban Pakistan


Pasangan suami-isteri Swiss bebas setelah disandera militan Taliban Pakistan selama delapan bulan lebih.

Pasangan suami-isteri Swiss bebas setelah disandera militan Taliban Pakistan selama delapan bulan lebih.

Sepasang suami-isteri Swiss sekarang bebas setelah disandera oleh militan Taliban Pakistan selama lebih dari delapan bulan.

Wisatawan Swiss bernama Olivier David Och dan isterinya Daniela Widmer tersenyum dan tampak sehat di depan kamera televisi hari Kamis di sebuah pangkalan udara militer dekat Islamabad. Kesempatan itu adalah yang pertama bagi pasangan ini tampil di depan umum sejak mereka diculik bulan Juli di provinsi Baluchistan.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Swiss mengatakan duta besarnya di Pakistan melakukan kontak langsung dengan kedua orang itu, dan dapat mengukuhkan mereka tidak terluka dan bahwa keduanya dalam keadaan sehat. Ditambahkan, pasangan itu sekarang berada di lokasi aman di Pakistan, dan kepulangan mereka ke Swiss direncanakan “secepat mungkin.”

Jurubicara angkatan darat Pakistan Mayor Jenderal Athar Abbas mengatakan, kedua sandera memberitahu agen-agen intelijen, mereka telah melarikan diri. Pejabat-pejabat militer mengatakan, kedua orang itu muncul di dekat pos pemeriksaan militer di Waziristan Utara, wilayah kesukuan di mana tadinya mereka disekap.

Kantor berita Associated Press melaporkan, komandan Taliban menyatakan uang tebusan telah dibayarkan sebagai imbalan pembebasan pasangan itu. Klaim Taliban itu belum dikukuhkan.

Penculikan merupakan salah satu sumber uang yang utama bagi militan dan geng penjahat, terutama di Pakistan barat daya.

Kawanan pria bersenjata menculik kedua turis itu selagi mereka dengan mobil melewati provinsi Baluchistan yang bergejolak. Taliban Pakistan kemudian mengaku bertanggung jawab dan menuntut dibebaskannya seorang ilmuwan Pakistan yang ditahan di Amerika sebagai imbalan bagi pembebasan pasangan itu.

XS
SM
MD
LG