Tautan-tautan Akses

2 Warga AS, Seorang Inggris Menangkan Nobel Ekonomi


Tiga pemenang hadiah Nobel Ekonomi, dari kiri: Peter Diamond, Dale Mortensen, dan warga Inggris Christopher Pissaride.

Tiga pemenang hadiah Nobel Ekonomi, dari kiri: Peter Diamond, Dale Mortensen, dan warga Inggris Christopher Pissaride.

Teori ketiga ekonom itu membantu menjelaskan mengapa pengangguran tinggi terjadi bersamaan dengan banyaknya tawaran pekerjaan.

Dua orang Amerika dan seorang Inggris keturunan Siprus telah memenangkan hadiah Nobel untuk ekonomi karena teori-teori yang membantu menjelaskan mengapa pengangguran tinggi terjadi pada saat bersamaan dengan banyaknya tawaran pekerjaan.

The Royal Swedish Academy of Sciences memberi penghargaan Nobel kepada Peter Diamond dan Dale Mortensen dan warga Inggris keturunan Siprus, Christopher Pissaride hari Senin ini.

Sorang anggota dari Akademi mengatakan para pemenang ini yang melakukan tinjauan realistis dan terperinci dari pasar tenaga kerja dan pasar lainnya serta memberi pemahaman lebih baik tentang hambatan-hambatan dalam menyesuaikan persediaan dan permintaan.

Ide-ide mereka telah dipakai untuk studi publik, finansial, regional dan ekonomi keluarga serta juga teori moneter.

Mortensen adalah seorang profesor ekonomi di Northwestern University, Evanston, Illinois, Pissarides mengajar di London School of Economics dan Diamond seorang pakar ekonomi di Massachussetts Institute of Technology serta menguasai berbagai isu di bidang social security, pensiun, dan perpajakan.

XS
SM
MD
LG