Tautan-tautan Akses

140 Negara Hadiri KTT PBB mengenai Sasaran Pembangunan Milenium


Sekjen PBB Ban Ki-moon berpidato membuka KTT Sasaran Pembangunan Milenium

Sekjen PBB Ban Ki-moon berpidato membuka KTT Sasaran Pembangunan Milenium

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyerukan agar masyarakat internasional memenuhi janji yang diucapkan dalam KTT serupa 10 tahun yang lalu.

Para pemimpin dunia bertemu di markas besar PBB dalam pertemuan puncak tiga hari yang bertujuan menemukan cara mengakhiri kemiskinan, kelaparan dan penyakit di seluruh dunia dalam waktu lima tahun.

Sekjen PBB Ban Ki-moon membuka KTT Sasaran Pembangunan Milenium pada hari Senin, dengan menyerukan agar masyarakat internasional memenuhi janji yang diucapkan dalam KTT serupa 10 tahun yang lalu.

Ia mengatakan ada terobosan besar sewaktu para pemimpin menyepakati delapan Sasaran Pembangunan Milenium pada KTT tersebut.

"Bersama-sama kita susun rencana rinci untuk mengakhiri kemiskinan ekstrem. Kita merumuskan target-target dan jadwal yang dapat dicapai. Kita membuat kerangka kerja yang dapat diterima semua mitra, meskipun berbeda pandangan," ujar Ban.

Ia mengingatkan para pemimpin dunia bahwa mereka berkomitmen mengakhiri kemiskinan dan kelaparan di seluruh dunia, tanpa menunda-nunda karena krisis Ban.

Presiden dan perdana menteri dari 140 negara menghadiri KTT. Presiden AS Barack Obama dijadwalkan akan berpidato sebelum penutupan KTT pada hari Rabu.

XS
SM
MD
LG