Tautan-tautan Akses

Obama Tunjuk Ketua Baru Dewan Penasehat Ekonomi AS

  • Michael Bowman

Presiden Barack Obama mengumumkan penunjukan Alan Krueger (kiri) pakar ekonomi dari Princeton University sebagai Ketua Dewan Penasehat Ekonomi AS, Senin (29/8).

Presiden Barack Obama mengumumkan penunjukan Alan Krueger (kiri) pakar ekonomi dari Princeton University sebagai Ketua Dewan Penasehat Ekonomi AS, Senin (29/8).

Di tengah pemulihan ekonomi Amerika yang lemah, Presiden Barack Obama menunjuk ketua Dewan Penasehat Ekonominya yang baru.

Tahun lalu, sejumlah pejabat tinggi anggota tim ekonomi Presiden Obama, meninggalkan jabatan mereka. Mereka termasuk dua kepala Dewan Penasihat Ekonomi, Christina Romer dan Austan Goolsbee, dan direktur Dewan Ekonomi Nasional, Lawrence Summers,

Pada hari Senin (29/8), Obama berupaya menghidupkan kembali tim tersebut, dengan merekrut Alan Krueger, pakar ekonomi dari Princeton University.

"Krueger adalah salah satu ekonom terkemuka di Amerika. Selama lebih dari dua dasawarsa, ia telah mempelajari dan mengembangkan kebijakan ekonomi baik di dalam maupun di luar pemerintahan," ujar Presiden Obama. "Dalam dua tahun pertama pemerintahan ini, selagi kita menghadapi dampak krisis keuangan yang kompleks dan bergerak cepat, krisis yang beresiko menjadi Depresi Besar (Great Depression) kedua, nasihat Alan sebagai kepala ekonomi pada Departemen Keuangan terbukti tak ternilai."

Krueger kembali ke Princeton tahun lalu setelah menjabat sebagai wakil Menteri Keuangan.

Presiden mengatakan ia akan bergantung pada Krueger dan penasihat lainnya untuk menyusun apa yang disebutnya analisa dan rekomendasi “sesungguhnya” untuk meningkatkan ekonomi Amerika yang lemah.

Obama direncanakan akan mengumumkan satu set proposal ekonomi dan fiskal minggu depan, ketika Kongres kembali dari reses selama sebulan. Berbicara dari Gedung Putih dengan didampingi Krueger, presiden memberikan gambaran singkat tentang apa yang akan ia usulkan.

"Saya akan mengungkapkan serangkaian langkah yang bisa segera diambil oleh Kongres untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga pekerja dan keluarga kelas menengah, memudahkan usaha-usaha kecil untuk menambah pekerja, mengerahkan buruh untuk membangun dan memperbaiki jalan, rel kereta api dan bandara di Amerika," janji Obama.

Jika dikonfirmasi oleh Senat, Krueger akan menjadi ketua Dewan Penasihat Ekonomi Presiden Obama yang ketiga. Ekonom terkemuka lain yang memuji keputusan presiden itu, termasuk Douglas Holtz-Eakin, yang menjabat sebagai penasihat ekonomi untuk kandidat calon presiden dari Partai Republik tahun 2008, John McCain.

"Krueger merupakan ekonom kelas satu. Hal-hal yang bisa dia lakukan adalah membuat presiden mengambil langkah-langkah menuju agenda yang jauh lebih luas dan dengan fokus pekerjaan yang berbeda-beda. Mereka membutuhkan seseorang yang kreatif, dan Alan memilikinya," ujar Holtz-Eakin kepada stasiun televisi Bloomberg.

Obama memulai pidatonya dengan berjanji untuk memberikan bantuan federal yang besar kepada lebih dari 12 negara bagian di Amerika untuk pemulihan pasca-badai Irene, yang mengakibatkan banjir New York dan sebagian New England, Minggu (28/8), setelah menghancurkan daerah pesisir di Pantai Timur Amerika.

XS
SM
MD
LG