Tautan-tautan Akses

Arsip Musisi Legendaris Bob Dylan akan Bertempat di Oklahoma


ARSIP – Musisi Bob Dylan berbicara pada MusiCares 2015 sebagi penghormatan bagi Bob Dylan, LA, Calif., 6 Feb 2015

ARSIP – Musisi Bob Dylan berbicara pada MusiCares 2015 sebagi penghormatan bagi Bob Dylan, LA, Calif., 6 Feb 2015

Arsip lebih dari 6.000 macam milik Bob Dylan itu diakuisisi oleh konsorsium lembaga di negara bagian Oklahoma. Yang paling berharga dari arsip tersebut adalah kumpulan tebal buku catatan Dylan berisi coretan awal komposisi dari banyak lagunya yang kemudian ia sempurnakan secara cermat.

Harta karun berupa film-film konser, lirik (syair) lagu yang ditulis tangan, buku harian dan artefak lain milik penyanyi-penulis lagu Amerika Bob Dylan telah diakuisisi oleh konsorsium lembaga di negara bagian Oklahoma. Dylan, yang dikenal tertutup, adalah salah seorang tokoh terkenal dalam sejarah musik pop.

Arsip lebih dari 6.000 macam itu didapat George Kaiser Family Foundation dan University of Tulsa itu dengan harga sekitar 15 sampai 20 juta dolar. Nilai barang-barang itu diperkirakan lebih dari 60 juta dolar.

Yang dianggap benda paling berharga dari arsip tersebut adalah kumpulan tebal buku catatan Dylan di mana di dalamnya terdapat coretan awal komposisi dari banyak lagunya yang kemudian ia sempurnakan secara cermat.

Dalam pernyataan, Dylan mengatakan, ia merasa dihormati bila surat-suratnya "disertakan bersama karya Woody Guthrie dan terutama bersama semua artefak berharga orang Indian," mengacu pada koleksi seni penduduk asli Amerika yang juga menjadi bagian dari koleksi lembaga-lembaga itu, bersama salinan langka Deklarasi Kemerdekaan.

Rencananya akan ada galeri yang memungkinkan sebagian materi itu bisa dinikmati publik, tetapi umumnya arsip itu bisa dinikmati cendekiawan.

Dylan, usia 74 tahun, bernama asli Robert Allen Zimmerman, dinobatkan dalam Rock n 'Roll Hall of Fame tahun 1988. [ka/al]

XS
SM
MD
LG