Tautan-tautan Akses

Argentina Rundingkan Utang dengan Kreditor AS


Tulisan di kantor Kementerian Ekonomi Argentina yang berbunyi: "Bersama Kita akan Lawan Utang yang Menjerat" (foto: dok).

Tulisan di kantor Kementerian Ekonomi Argentina yang berbunyi: "Bersama Kita akan Lawan Utang yang Menjerat" (foto: dok).

Pemerintah Argentina berusaha untuk mencapai persetujuan restrukturisasi utang dengan sekelompok kreditor Amerika.

Argentina mengatakan akan melakukan usaha lagi untuk mencapai persetujuan dengan sekelompok kreditor Amerika guna menghindarkan kemungkinan penunggakan utangnya, yang kedua kali dalam 13 tahun.

Pemerintah Argentina akan mengirim delegasi ke New York untuk bertemu hari Selasa dengan penengah yang diangkat pengadilan yang menangani sengketa antara Argentina dan satu kelompok investor hedge funds di New York.

Hedge funds tersebut menolak tawaran restrukturisasi Argentina setelah penunggakan rekornya $ 100 milyar tahun 2001, dan menuntut pembayaran penuh. Kreditor lain menerima pembayaran utang yang direstrukturisasi Argentina.

Hakim federal Amerika tidak akan mengizinkan pembayaran yang jatuh tempo kepada para pemegang obligasi kecuali kalau Argentina juga membayar kreditor hedge funds.

Pertemuan hari Selasa (29/7) dengan penengah Daniel Pollack dilakukan satu hari sebelum batas waktu Argentina melakukan pembayaran dan menghindarkan penunggakan lagi. Pollack mengatakan akan lebih baik bagi Argentina kalau menemui langsung para kreditor yang belum mencapai persetujuan dengan Argentina.

XS
SM
MD
LG