Tautan-tautan Akses

Menang Adu Penalti, Argentina ke Final Piala Dunia


Tim Argentina merayakan kemenangan setelah Maxi Rodriguez memastikan kemenangan 4-2 atas Belanda dalam adu penalti di Sao Paulo, Rabu (9/7).

Tim Argentina merayakan kemenangan setelah Maxi Rodriguez memastikan kemenangan 4-2 atas Belanda dalam adu penalti di Sao Paulo, Rabu (9/7).

Tim tango Argentina melaju ke final Piala Dunia melawan Jerman, setelah mengandaskan Belanda dengan 4-2 (0-0) lewat adu tendangan penalti, Rabu (9/7).

Tim Argentina memastikan diri melaju ke final Piala Dunia melawan Jerman, setelah mengandaskan Belanda dengan 4-2 (0-0) lewat adu tendangan penalti.

Pertandingan kedua tim yang berlangsung di stadion Arena Corinthians, São Paulo berjalan seimbang dengan kedua tim silih berganti melakukan serangan. Namun peluang-peluang kedua tim gagal dimanfaatkan dengan baik, disamping cemerlangnya penampilan penjaga gawang kedua kesebelasan untuk menyelamatkan gawang mereka.

Setelah babak perpanjangan waktu 2x15 menit tidak juga menghasilkan pemenang, kedua tim harus beradu tendangan penalti. Belanda sebenarnya memiliki keuntungan karena penjaga gawang Jasper Cillessen menjadi pahlawan timnya dalam perempat final melawan Costa Rica yang juga ditentukan melalui adu penalti.

Sergio Romero (kanan) menjadi pahlawan Argentina setelah menyelamatkan gawangnya dari dua tendangan dalam adu penalti, Rabu (9/7).

Sergio Romero (kanan) menjadi pahlawan Argentina setelah menyelamatkan gawangnya dari dua tendangan dalam adu penalti, Rabu (9/7).

Namun, dalam penalti kali ini giliran kiper Agentina, Sergio Romero yang menjadi pahlawan bagi negaranya. Romero menyelamatkan dua kali tendangan penalti pemain Belanda, yaitu tendangan pertama dari Ron Vlaar dan tendangan penalti ke-3 dari Wesley Sneijder.

Sementara ke-4 pemain Argentina melakukan eksekusi penalti dengan sempurna, yang dimulai dengan kapten Argentina, Lionel Messi sebagai penendang pertama. Tendangan ke-5 dari masing-masing tim tidak dilakukan karena tidak akan mengubah skor keunggulan 4-2 untuk Argentina.

Dalam final, Argentina akan berhadapan dengan tim panser Jerman yang hari Selasa mempermalukan tuan rumah Brazil dengan skor 7-1.

Pertandingan final akan diadakan di stadion Maracanã, Rio de Janeiro pada hari Minggu tanggal 13 Juli mendatang. Ini adalah pertemuan ketiga antara Argentina dan Jerman di final Piala Dunia.

Pada tahun 1986 di Mexico City, Argentina dengan bintangnya Diego Maradona mengandaskan Jerman dengan skor 3-2, sementara pada tahun 1990 di Roma, Italia, giliran tim Jerman yang menjadi juara dengan mengalahkan Argentina 1-0.

Bila indikasi tempat final yang menjadi patokan, maka tim tango Argentina akan memenangkan pertandingan final Minggu besok, karena dilangsungkan di Amerika Latin. Namun, kita tunggu saja pertandingan final di Rio de Janeiro nanti.

XS
SM
MD
LG