Tautan-tautan Akses

Argentina Ingin Perbaiki Hubungan dengan Inggris


Sebagian warga Pulau Falkland atau Malvinas melakukan unjuk rasa untuk mendukung kepemilikan Inggris terhadap Pulau Malvinas (foto: dok).

Sebagian warga Pulau Falkland atau Malvinas melakukan unjuk rasa untuk mendukung kepemilikan Inggris terhadap Pulau Malvinas (foto: dok).

Hubungan Argentina-Inggris renggang dalam beberapa tahun terakhir akibat retorika konfrontatif mengenai kedaulatan Pulau Falkland yang juga dikenal sebagai Malvinas.

Menlu baru Argentina, Susana Malcorra hari Selasa (15/12) mengatakan negaranya bersedia memperbaiki hubungan dengan Inggris yang renggang dalam beberapa tahun terakhir akibat retorika konfrontatif mengenai kedaulatan Pulau Falkland yang juga dikenal sebagai Malvinas.

Argentina menyebut kepulauan di Laut Atlantik selatan itu sebagai kepulauan Malvinas dan sejak lama mengklaim kedaulatan atas wilayah yang disengketakan itu.

Meskipun Kepulauan itu memerintah sendiri, Inggris tetap mempertahankan kedaulatannya disana dan Inggris bertanggung jawab atas Pertahanan dan hubungan luar negeri.

Dalam beberapa tahun terakhir selama pemerintahan mantan Presiden Cristina Fernandez, retorika trans Atlantik antara pemimpin Argentina yang bicaranya berapi-api itu dan Perdana Menteri David Cameron telah mempengaruhi hubungan bilateral antara Argentina dan Inggris. [my/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG