Tautan-tautan Akses

Area Pencarian Pesawat Jet Malaysia MH370 akan Diperluas


Awak pesawat Malaysia Airlines di bandara international Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: dok).

Awak pesawat Malaysia Airlines di bandara international Kuala Lumpur, Malaysia (Foto: dok).

Pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dari radar bulan Maret tahun lalu dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing, akan dilanjutkan hingga akhir tahun ini.

Pihak berwenang yang memimpin usaha pencarian multinasional pesawat jet Malaysia yang hilang, mengatakan, mereka siap memperluas zona pencarian di Samudera Hindia, jika tidak ditemukan sesuatu yang berarti dalam waktu dekat.

Pada sebuah konferensi pers, hari Kamis (16/4), di Kuala Lumpur, para pejabat China, Australia dan Malaysia mengatakan 61 persen zona pencarian asli seluas 60.000 kilometer persegi telah dijelajahi, dengan tidak ada tanda-tanda pesawat tersebut sama sekali.

Jika tidak ditemukan sesuatu apapun hingga bulan Mei, pencarian itu akan diperluas "ke segala arah," menurut Deputi PM Australia, Warren Truss, yang menambahkan bahwa, pencarian tersebut akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Truss menekankan bahwa pencarian itu sulit dan harus dilakukan dengan hati-hati, namun segala upaya akan dilakukan untuk menemukan pesawat tersebut.

Komentar itu juga dipertegas oleh Menteri Perhubungan Malaysia, Liow Tiong Lai, dan Menteri Perhubungan China, Yang Chuantang.

Pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 mengangkut 239 penumpang dan awak pesawatnya, sewaktu hilang dari radar bulan Maret tahun lalu dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Diduga pesawat itu jatuh di lokasi terpencil di Samudera Hindia bagian selatan, sekitar 1.800 kilometer sebelah barat Australia.

XS
SM
MD
LG