Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Tangkap 149 Tersangka Al Qaida


Pasukan khusus Arab Saudi dalam salah satu latihan menghadapi serangan teroris.

Pasukan khusus Arab Saudi dalam salah satu latihan menghadapi serangan teroris.

Tersangka militan itu dituduh merencanakan serangan terhadap pejabat pemerintah, pasukan keamanan dan wartawan.

Arab Saudi menangkap 149 orang yang diduga terkait al-Qaida dalam delapan bulan ini. Kementerian Dalam Negeri hari Jumat mengatakan tersangka militan itu terlibat rencana serangan terhadap pejabat pemerintah, pasukan keamanan dan wartawan.

Jurubicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi Mansour al-Turki mengatakan kegiatan para tersangka termasuk melatih anggota untuk menggunakan bahan peledak dan menggalang dana.

Ditambahkan, pasukan keamanan menyita hampir 600 ribu dolar dalam penggerebekan terhadap tersangka militan, yang beberapa di antaranya diduga hendak menggalang dana dan menyebarkan ideologinya pada waktu musim haji dan Umrah di Arab Saudi.

Turki mengatakan para tersangka berasal dari Arab Saudi dan kebangsaan lain dan terkait 19 sel al-Qaida. Dikatakan, 25 tersangka adalah warga asing, beberapa dari Afrika dan Asia Selatan.

Para pejabat kementerian dalam negeri mengatakan pemerintah percaya beberapa dari mereka yang ditangkap punya hubungan dengan al-Qaida di Jazirah Arab, kelompok militan cabang Yaman. Sebagian lainnya diyakini terkait sel-sel Al-Qaeda di Afghanistan dan Somalia.

XS
SM
MD
LG