Tautan-tautan Akses

Arab Saudi Desak Pengesahan Resolusi PBB


Manssor Arabsiar, terdakwa pelaku rencana pembunuhan duta besar Arab Saudi di Washington DC (Foto: dok).

Manssor Arabsiar, terdakwa pelaku rencana pembunuhan duta besar Arab Saudi di Washington DC (Foto: dok).

Arab Saudi hari Rabu mendesak pengesahan resolusi Majelis Umum PBB yang mengutuk rencana Iran untuk membunuh dutabesar Arab Saudi di Amerika Serikat.

Abdulmohsen Alyas, jurubicara misi Saudi di PBB mengatakan delegasinya berharap pemungutan suara hari Jumat oleh majelis yang beranggotakan 193 negara itu.

Rancangan resolusi itu, yang diedarkan oleh Saudi dan dibicarakan dengan para anggota PBB hari Rabu, tidak menuduh langsung keterlibatan Iran, tetapi mendesak Teheran agar mematuhi semua kewajibannya berdasarkan hukum internasional dengan bekerja-sama dengan penyelidikan.

Bulan Oktober, pejabat Amerika menuduh dua tersangka Mansor Arbabsiar dan Gholam Shakuri, berkomplot dengan satuan elit Quds Pengawal Revolusioner Iran dengan melaksanakan rencana pembunuhan dutabesar Saudi Adel al-Jubeir dengan membom sebuah restoran di Washington.

Arbabsiar mengaku tidak bersalah atas tuduhan di pengadilan New York. Shakuri sedang lari dan diyakini berada di Iran.

Iran telah membantah keterlibatan dalam kasus itu dan mengirim sepucuk surat kepada Amerika Serikat, yang meminta permintaan maaf dan ganti rugi atas tuduhan itu.

XS
SM
MD
LG