Tautan-tautan Akses

AS

Apple Siap Luncurkan iPad Mini untuk Hadapi Amazon, Google


Para pelanggan mencoba iPad di sebuah toko di Shanghai. (Foto: Dok)

Para pelanggan mencoba iPad di sebuah toko di Shanghai. (Foto: Dok)

Setelah menghindari pasar untuk tablet berukuran kecil dengan harga lebih murah, Apple kini siap memasukinya dengan rencana peluncuran iPad mini.

Setelah peluncuran perdana iPad dua tahun lalu, kali ini Apple Inc akan mengeluarkan tablet yang lebih kecil dan lebih murah untuk memasuki pasar yang telah dikuasai oleh Amazon.com Inc dan Google Inc.

Kindle dari Amazon dan Nexus 7 dari Google telah menguasai pangsa pasar tablet kelas bawah dan membuktikan bahwa ada permintaan konsumen untuk tablet berukuran saku, mendorong Apple untuk memasuki pasar yang tadinya ia hindari.

"Apple merasa memiliki produk unggulan dengan iPad dan hal itu terbukti benar,” ujar Lars Albright, salah satu pendiri perusahaan iklan SessionM dan mantan eksekutif iklan Apple.

"Mereka menguasai pangsa pasar yang besar, dan untuk melindungi pangsa tersebut, mereka harus inovatif,” tambahnya.

Penampakan perdana iPad mini akan dilakukan minggu ini.

Para analis Wall Street telah mengatakan pada beberapa bulan terakhir bahwa Apple sedang berencana mengeluarkan iPad yang lebih murah untuk menghadapi persaingan perangkat dengan harga lebih rendah. Langkah ini menurut mereka mungkin akan merusak marjin, namun akan mencegah para rival untuk mendominasi segmen penting yang semakin meningkat.

Rival utamanya adalah Amazon, yang membuktikan bahwa tablet berukuran 7 inci berharga sekitar US$200 memiliki daya tarik bagi konsumen. Amazon menjual lebih dari satu juta Kindle dalam satu minggu pada musim liburan tahun lalu, membuka jalan bagi Google dengan Nexus 7 untuk mencoba mengalahkan Apple dalam pasar yang diciptakan perusahaan tersebut.

Tablet Nexus 7, dibuat oleh perusahaan manufaktur Asustek dari Asia, segera habis terjual setelah diluncurkan Juli.

Ketiga perusahaan ini akan berkompetisi dalam daftar belanja musim liburan di AS yang secara tradisional akan dimulai bulan depan.

Harga iPad mini diperkirakan sekitar $240. (Reuters/Poornima Gupta)
XS
SM
MD
LG