Tautan-tautan Akses

iPod Touch Generasi Terbaru Hadir di Tengah Angka Penjualan yang Menurun


iPod Touch desain baru dirilis Apple 15 Juli 2015.

iPod Touch desain baru dirilis Apple 15 Juli 2015.

Walaupun popularitas iPod sudah menurun, Apple menghadirkan generasi terbaru piranti pemain musiknya ini untuk pertama kalinya dalam tiga tahun. Model iPod Touch terbaru ini berprosesor lebih cepat dan kameranya berkualitas lebih baik.

iPod Touch baru juga dapat memainkan Apple Music, layanan $10 dolar per bulan yang menghadirkan jutaan lagu. Apple Music diluncurkan 30 Juni dengan dengan semakin meningkatnya minat penggemar musik untuk berlangganan musik dibanding membeli per lagu seperti yang ditawarkan layanan iTunes Apple.

Walaupun piranti pemain musik sudah ada sebelum iPod pertama kali dirilis tahun 2001, iPod adalah yang piranti pertama yang menyediakan koleksi musik digital. Ini merupakan kesuksesan pertama yang dicatat Apple di luar personal computer dan mengawali tranformasi perusahaan ini yang kemudian merilis iPhone tahun 2007, iPad tahun 2010 dan Apple Watch tahun ini.

Banyak orang sekarang mendengarkan musik di smartphone mereka dan tidak lagi membutuhkan iPod. Penjualan iPod mencapai puncaknya dengan 55 juta unit pada tahun fiskal 2008, setahun setelah iPhone dirilis. Pada tahun fiskal lalu, Apple menjual hanya 14 juta iPod. Sementara pada periode yang sama, penjualan iPhone tercatat sejumlah 169 juta unit.

Dengan menurunnya permintaan, Apple pun tidak lagi memperbarui iPod setiap tahun. Namun generasi terbaru iPod Touch menunjukkan Apple masih belum akan 'membunuh' iPod.

iPod Touch pada dasarnya adalah iPhone tanpa kemampuan seluler, dengan menggunakan sistem operasional iOS yang sama dan menawarkan aplikasi-aplikasi yang sama. Touch menawarkan Apple Music dan aplikasi-aplikasi iPhone bagi para konsumen berusia belia yang mungkin tidak memiliki ponsel atau tidak dapat membayar layanan seluler.

Selain musik, iPod Touch dapat menjadikan pengguna baru keranjingan aplikasi Apple, video dan konten-konten lainnya - sehingga mereka berpaling pada iPhone, iPad atau Mac nantinya.

Harga iPod Touch termurah adalah $199 (Rp 2,6 juta). Pengguna dapat melakukan panggilan dengan aplikasi FaceTime melalui sambungan Wi-Fi.

Roger Kay, kepala biro riset Endpoint Technology Associate, mengatakan iPod Touch membantu Apple bersaing dengan kompetitor yang menawarkan produk-produk dengan harga lebih murah.

"Harga $200 untuk komputer kecil tanpa layanan seluler cukup terjangkau," kata Kay. "Ini mungkin menjadi piranti kedua, ketiga atau keempat untuk rumah tangga yang sudah punya sejumlah produk Apple. Kalau anak Anda yang baru berumur 9 tahun ingin sesuatu, berikan mereka iPod Touch."

Rob Enderle dari Enderle Group mengatakan walaupun penjualan iPod menurun, jumlah unit yang dijual masih banyak.

"Tidak semua orang menginginkan iPhone, masih banyak orang yang suka dengan iPod mereka," katanya. "Produk ini akan lebih sukses dari yang diperkirakan banyak orang."

Prosesor iPod Touch baru identik dengan iPhone 6 dan 6 Plus. Apple mengatakan chip baru ini enam kali lebih cepat untuk fungsi biasa dan 10 kali lebih cepat untuk mengunduh gambar.

Kamera bagian belakangnya dapat mengambil gambar yang lebih tajam, dengan 8 megapixel. Ini sama dengan iPhone generasi terbaru dan 5 megapixel lebih tinggi dibanding generasi Touch sebelumnya. Kamera depan dan belakangnya dapat mengambil 10 gambar per detik dan video gerakan lambat pada 120 bingkai per detik.

XS
SM
MD
LG