Tautan-tautan Akses

Apple Inc mengubah kebijakannya dan mengatakan akan membayar para musisi selama uji coba gratis layanan streaming Apple Music, setelah Taylor Swift menuliskan surat terbuka dan mengatakan ia akan menarik album hit terbarunya 1989 dari layanan tersebut.

Apple menawarkan uji coba gratis selama tiga bulan kepada para penggunanya dan awalnya mengatakan tidak akan membayar para musisi selama periode uji coba tersebut. Wakil presiden senior Apple mengumumkan perubahan ini melalui Twitter.

Swift, 25, mengatakan melalui akun Tumblr miliknya pada hari Minggu (21/6) bahwa ia akan menarik albumnya karena menganggap kebijakan Apple yang tidak mau membayar musisi selama masa uji coba gratis sebagai suatu hal yang mengejutkan dan mengecewakan karena langkah tersebut akan merugikan para musisi muda yang baru memulai karir mereka.

Setelah Apple mengubah kebijakannya, Swift menulis di Twitternya yang mempunyai sekitar 59 juta follower, bahwa ia berterima kasih kepada Apple dan para pendukungnya:

Swift sebelumnya pernah melakukan perlawanan terhadap layanan streaming musik lainnya. Ia menarik seluruh lagu-lagunya dari platform streaming online Spotify pada bulan November lalu dan menolak menyediakan album 1989 pada layanan streaming tersebut. Ia menjelaskan bahwa bisnis layanan streaming musik telah menyebabkan penurunan jumlah penjualan album secara drastis.

Namun ia mendukung niat Apple untuk memberikan layanan streaming bebas iklan dengan sistem berlangganan.

Seorang juru bicara Apple mengkonfirmasi tweet Cue dan Apple akan membayar para musisi selama tiga bulan masa uji coba gratis.

XS
SM
MD
LG