Tautan-tautan Akses

Apple Mencoba Tepis Keraguan pada Konferensi Hari Minggu


Konferensi Apple

Konferensi Apple

Apple menghabiskan sebagian besar waktunya tahun ini untuk menepis keraguan orang-orang yang yakin bahwa iPhone dan iPad telah kehilangan kecanggihannya setelah Steve Jobs meninggal tahun 2011.

Minggu ini akan terlihat apakah Apple akan menjanjikan perkembangan atau masih kebingungan mencari terobosan-terobosan baru.

Jika sesuai spekulasi, Apple mungkin menggunakan konferensi tahunannya di San Fransisco untuk memamerkan rencana mereka membantu kesehatan, keadaan keuangan dan rumah orang-orang. Konferensi lima hari ini akan mulai pada hari Senin.

CEO Apple, Tim Cook, menolak memberikan detil tentang agenda konferensi ketika diwawancarai oleh The Associated Press minggu lalu tentang transaksi berjumlah 3 milyar dolar antara Apple dengan spesialis headphone dan music-streaming, Beats Electronics.

“Kami punya beberapa hal hebat yang akan dikeluarkan tahun ini, dan saya pikir orang-orang akan terpesona,” kata Cook. “Saya sangat terpesona setelah menggunakannya.”

Investor tampaknya kembali mempercayai kemampuan Apple berinovasi. Saham perusahaan ini juga naik 13 persen tahun ini dengan harga 633 dolar pada penutupan hari Jumat. The Standard & Poor’s 500 index juga naik 4 persen.

Hal ini menunjukkan perubahan dramatis terhadap kinerja Apple. Pertumbuhan finansial Apple tumbul lambat akibat kompetisi yang ketat dan update produk yang kurang memuaskan. Sebagai hasilnya, saham Apple turun 45 persen dari nilai 705.07 September 2012 menjadi 385.10 dollar di bulan April 2013.

Kenaikan tersebut mungkin dipicu oleh rencana pembagian saham 7 untuk 1 yang akan membuat saham Apple lebih murah. Kemampuan menarik lebih banyak investor yang mampu membeli saham Apple dan berpartisipasi dalam pasar saham dapat menaikkan nilai keseluruhan perusahaan. Pembagian ini diumumkan di bulan April lalu dan direncanakan diterapkan pada 9 Juni.

Pidato utama pada hari Senin diharapkan fokus pada software yang menjalankan perangkat mobile dan komputer Apple. Apple biasanya memamerkan produk terbaru mereka di acara berbeda yang disesuaikan dengan musim belanja. Konferensi di Cupertino, California ini adalah tempat perusahaan ini memberikan gambaran tentang software update yang akan datang.

Bahkan tanpa iPhone terbaru, iPad, atau jam pintar yang sudah lama dibicarakan yang kemungkinan akan diumumkan minggu ini, Apple masih bisa menarik perhatian dengan mengungkapkan rencana mereka untuk lebih menyatukan layanan mereka ke dalam hidup orang-orang.

Versi terbaru perangkat mobil Apple, iOS, diharapkan menambahkan alat pengelolaan kesehatan untuk membantu orang-orang memonitor kesehatan, diet dan kebiasaan tidur mereka. Alat ini mungkin mirip dengan Passbook, fitur yang Apple bangun ke dalam iOS dua tahun lalu untuk menyimpan tiket penerbangan dan acara, juga sertifikat hadiah digital.

iOS baru juga mungkin mempunyai dompet digital yang sudah lama ditunggu yang memungkinkan Apple memproses pembayaran di iPhone and iPad. Google Inc. telah mencoba hal serupa di software Androidnya, tetapi belum mendapatkan banyak kegiatan di pembayaran digital.

Tetapi, Apple telah membuat batu loncatan sangat kuat menuju pembayaran digital, 800 milyar akun di iTunes yang terkait dengan kartu kredit. iPhone juga memasukkan teknologi lokasi yang dinamakan iBeacon, yang bisa dikaitkan dengan dompet digital. Apple sudah bekerja dengan beberapa penjual untuk menggunakan iBeacon agar mereka dapat berkomunikasi dengan konsumen ketika berkeliling di dalam toko. Pembayaran digital diperkirakan menjadi salah satu prioritas utama Angela Ahrendts, mantan CEO Burberry yang mengepalai toko-toko Apple bulan April lalu.

Spekulasi lain berpusat pada kemungkinan bahwa Apple akan menyingkap sistem otomasi rumah yang akan memungkinkan iPhone dan iPad menjadi remote control untuk mengendalikan lampu, perangkat keamanan, dan barang-barang rumah tangga lain dengan koneksi tanpa kabel
XS
SM
MD
LG