Tautan-tautan Akses

Apple Kembali Gunakan Google Maps untuk iPhone


Mobil "Street View" milik Google yang digunakan untuk memotret jalanan di seluruh dunia, untuk aplikasi peta Google Maps. (Foto: Dok)

Mobil "Street View" milik Google yang digunakan untuk memotret jalanan di seluruh dunia, untuk aplikasi peta Google Maps. (Foto: Dok)

Setelah aplikasi petanya gagal total, Apple terpaksa menggunakan layanan Google Maps milik pesaing atas permintaan pelanggan.

Alat pemetaan buatan Google Inc kembali digunakan untuk produk iPhone, beberapa bulan setelah Apple menggantikannya dengan layanan pemetaan buatan sendiri yang memancing keluhan pengguna, permintaan maaf dari pimpinan Apple dan pemecatan seorang eksekutif papan atas.

Aplikasi Google Maps yang dapat diunduh gratis sekarang tersedia di lebih dari 40 negara. Versi terbaru Google Maps memiliki fitur-fitur populer, yang tadinya hanya tersedia untuk pengguna Android, seperti navigasi untuk setiap belokan dan pemandangan lanskap dari atas udara.

Apple meluncurkan layanan buatannya sendiri pada awal September, menggantikan Google Maps, namun aplikasi tersebut memiliki kesalahan-kesalahan yang memalukan dan mengundang kritikan pedas.

Kericuhan publik akan kesalahan tersebut membuat CEO Apple, Tim Cook, meminta maaf pada pelanggan yang frustrasi dengan kesalahan yang fatal, dan membuat Apple memakai layanan rival, sesuatu yang jarang terjadi untuk raksasa barang konsumen tersebut.

Layanan peta Google yang baru merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh di toko Apple pada Kamis (13/12).

“Orang-orang di seluruh dunia telah meminta Google Maps untuk iPhone,” ujar direktur Maps di Google, Daniel Graf.

Dengan Google Maps yang baru, pengguna Apple dapat mengakses informasi transportasi publik, lalu lintas langsung dan fitur peta jalan.

Google mengatakan pada Juni bahwa ada 1 miliar pengguna aktif setiap bulan untuk layanan peta Google dan peta jalan Street View telah mencakup 8 juta kilometer jalan di seluruh dunia.

Sementara itu, Apple masih memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam perangkat lunak pemetaannya. (Reuters)
XS
SM
MD
LG