Tautan-tautan Akses

Apple Akuisisi Beats, Taipan Musik Iovine Seharga US$3 Miliar


Peralatan audio Beats dan laptop Apple. (AP/Michael Dwyer, Dok)

Peralatan audio Beats dan laptop Apple. (AP/Michael Dwyer, Dok)

Akuisisi ini dilihat sebagai upaya Apple untuk meningkatkan bisnis penyiaran musik, segmen yang paling cepat pertumbuhannya di pasar, seiring menurunnya penjualan iTunes.

Apple Inc mengumumkan Rabu (28/5) bahwa ia akan membeli perusahaan rekaman sekaligus produsen headphone Beats Electronics dengan harga sekitar US$3 miliar, dan menarik dua pendiri Beats -- pengusaha rekaman kawakan Jimmy Iovine dan rapper Dr. Dre -- ke dalam struktur perusahaan.

Hubungan baik dengan industri musik yang dimiliki Iovine dapat mengurangi kesulitan dalam negosiasi perizinan untuk layanan penyiaran musik (streaming), menurut para eksekutif industri rekaman.

"Fakta buruknya adalah ada Dinding Berlin antara Silicon Valley dan Los Angeles," ujar Eksekutif Kepala Apple Tim Cook pada koran Wall Street Journal. "Kedua pihak tidak menghormati satu sama lain, tidak memahami satu sama lain."

Meski harga akuisisi hanya sebagian sangat kecil dari uang sekitar $150 miliar yang dimiliki Apple, hal ini merupakan langkah signifikan dari perusahaan yang selama dua dekade hanya melakukan akuisisi senilai ratusan juta dolar.

Akuisisi ini dilihat sebagai upaya Apple untuk meningkatkan bisnis penyiaran musik, segmen yang paling cepat pertumbuhannya di pasar, seiring menurunnya penjualan iTunes. Pandora Media Inc dan Spotify telah melaju lebih cepat sementara iTunes Radio milik Apple yang baru berusia delapan bulan belum banyak menghasilkan.

Dengan menurunnya bisnis pengunduhan lagu, label-label rekaman juga memberi tekanan pada Apple untuk menguatkan usaha dalam penyiaran. Perusahaan-perusahaan rekaman ini juga berharap Apple dapat mengubah Beats Music menjadi pesaing kuat Spotify dan layanan penyiaran lainnya.

Apple juga akan mendapat untung dari produk headphone kualitas tinggi yang populer di kalangan anak muda perkotaan. (Reuters)
XS
SM
MD
LG