Tautan-tautan Akses

AS

Api Hancurkan 1 Lagi Gereja Warga Kulit Hitam di Bagian Selatan AS


Gereja Mount Zion AME di Greeleyville, South Carolina, Rabu, setelah dilalap si jago merah.

Gereja Mount Zion AME di Greeleyville, South Carolina, Rabu, setelah dilalap si jago merah.

Pihak berwenang di South Carolina sedang menyelidiki penyebab kebakaran yang menghancurkan sebuah gereja warga Amerika keturunan Afrika sekitar 100 kilometer dari Charleston, di mana sebuah penembakan massal yang diduga dimotivasi kebencian rasial menewaskan sembilan orang beberapa pekan lalu.

Kebakaran terjadi Selasa malam di gereja yang terletak di kota Greeleyville, di tengah-tengah badai. Petir yang menyambar diperkirakan dapat menjadi salah satu penyebab percikan api, namun aparat setempat masih menyelidiki berbagai kemungkinan penyebab lainnya. Tapi laporan dari Associated Press mengutip seorang pejabat federal yang menyatakan pembakaran dengan sengaja bukan salah satu di antaranya.

Tidak ada orang yang terluka dalam kebakaran di gereja Mount Zion AME ini, ujar petugas kepada reporter, tapi mereka mengatakan struktur bangunan gereja ini tidak dapat diselamatkan.

Gereja yang sama sudah pernah dibakar 20 tahun lalu oleh organisasi supremasi kulit putih yang dikenal dengan nama Ku Klux Klan. Hanya batu-bata yang mengelilingi dinding bagian luar gereja yang masih terlihat utuh, Rabu.

Kebakaran di Greeleyville ini merupakan kebakaran keenam di rumah ibadah dengan jemaat warga kulit hitam sejak penembakan di Charleston tanggal 17 Juni. Semua kebakaran ini berlansung di AS bagian selatan, baik di South Carolina maupun negara-negara bagian lain di dekatnya.

Aparat mengatakan dua dari enam kebakaran tersebut disengaja, tapi belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atau apakah kedua kebakaran tersebut terkait satu salam lainnya.

Walikota Greeleyville, Jessie Parker, mengatakan ia dapat mengingat dengan jelas kebakaran di gereja tersebut pada tahun 1990an. "Saya merasa sakit melihat gereja ini terbakar lagi," ujar Parker.

Di tahun 1990an, gereja warga kulit hitam di AS menjadi sasaran pembakaran, pemboman dan serangan-serangan lainnya sebanyak 670 kali, menurut kelompok-kelompok yang memantau insiden seperti ini.

Berikut ini daftar gereja yang mengalami kebakaran dalam dua pekan terakhir:

- Gereja Greater Miracle Apostolic di Tallahassee, Florida, 26 Juni.
- Gereja Glover Grove Baptist di Warrenville, South Carolina, 26 Juni.
- Gereja Briar Creek Road di Charlotte, North Carolina, 24 Juni.
- Gereja College Hill Seventh-Day Adventist di Knoxville, Tennessee, 21 Juni.
- Gereja God's Power of Christ di Macon, Georgia, 21 Juni.

Sebagian materi laporan ini berasal dari Reuters.

XS
SM
MD
LG