Tautan-tautan Akses

Apakah Ikan Salmon Transgenik Aman Disantap?


Ikan salmon yang DNA-nya dimodifikasi bertambah besar dengan laju yang hampir dua kali lipat laju yang biasa.

Ikan salmon yang DNA-nya dimodifikasi bertambah besar dengan laju yang hampir dua kali lipat laju yang biasa.

Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan Amerika (FDA) masih ragu-ragu dengan keamanan ikan salmon transgenik sebagai makanan manusia.

Setelah tiga hari sidang dengar pendapat, Badan Pengawas Makanan dan Obat-Obatan Amerika Serikat (FDA) belum mampu memutuskan apakah akan menyetujui ikan salmon transgenik sebagai makanan manusia. FDA juga belum menyetujui apakah akan mengharuskan label khusus pada ikan salmon jenis ini, bila disetujui sebagai bahan pangan yang aman dijual.

Berbagai pihak perlindungan konsumen mengatakan masyarakat berhak untuk mengetahui apakah ikan tertentu telah mengalami modifikasi gen, demi melindungi kesehatan konsumen.

Bila FDA menyetujui penjualan ikan salmon transgenik sebagai makanan manusia, ikan salmon jenis ini dapat tersedia di pasar dalam waktu sekitar dua tahun lagi.

Ikan salmon transgenik bertumbuh lebih besar dengan laju yang hampir dua kali lipat laju biasa, sehingga ikan dapat mencapai ukuran dewasa dalam waktu 16 hingga 18 bulan, tidak lagi membutuhkan waktu 30 bulan.

XS
SM
MD
LG