Tautan-tautan Akses

Anne Hathaway Jadi Burung Kakatua Cantik di 'Rio'


Aktris Anne Hathaway di acara pemutaran perdana film animasi 'Rio' di Rio de Janeiro, Brazil.

Aktris Anne Hathaway di acara pemutaran perdana film animasi 'Rio' di Rio de Janeiro, Brazil.

Untuk pertama kalinya, Anne Hathaway terjun ke dunia animasi dan menjelma menjadi seekor burung kakatua yang memikat dalam film "Rio."

Sosok aktris muda dan cantik Anne Hathaway mungkin lebih sering terlihat lewat film-film drama atau komedi seperti "The Princess Diaries," "Brokeback Mountain,""The Devil Wears Prada," "Alice in Wonderland," ataupun "Valentine’s Day." Kali ini, Anda hanya akan bisa mendengarkan suaranya yang khas, lewat sebuah film animasi yang bercerita tentang seekor burung kakatua yang meninggalkan sangkarnya untuk berpetualang ke Rio de Janeiro. Film yang sebentar lagi akan dirilis di Amerika ini berjudul "Rio."

Pertama kali mengisi suara untuk film animasi, aktris Anne Hathway memerankan karakter Jewel, seekor burung kakak tua langka dalam 'Rio.'

Pertama kali mengisi suara untuk film animasi, aktris Anne Hathway memerankan karakter Jewel, seekor burung kakak tua langka dalam 'Rio.'

Karakter Hathaway dalam film ini bernama Jewel, seekor burung kakatua yang jenisnya hanya ditemukan di Amerika Selatan. Rencananya, Jewel akan dipertemukan dengan Blu, seekor kakatua jantan yang sangat langka, yang disuarakan oleh bintang "The Social Network," aktor Jesse Eisenberg. Setelah bertemu, Jewel dan Blu diculik oleh pemburu gelap yang ingin menjual dua kakatua yang hampir punah ini. Tapi, mereka berhasil kabur atas bantuan dari teman-temannya. Lewat sebuah wawancara di stasiun televisi NBC baru-baru ini, Anne Hathaway berkomentar seputar karakter Jewel yang kelihatannya cocok sekali untuk diperankannya. “Karakter Jewel sebetulnya sudah dibuat sebelumnya. Tapi mungkin mereka membuat karakter ini sambil membayangkan saya,” kata Hathaway.

James Franco dan Anne Hathaway ketika membawakan acara Academy Awards 2011.

James Franco dan Anne Hathaway ketika membawakan acara Academy Awards 2011.

Walaupun begitu, Hathaway mengaku tidak melihat kemiripan antara dirinya dengan tokoh Jewel. "Tapi menurut saya, dia sangat menyenangkan,” tambah Hathaway.

Menurut cerita, Jewel tidak tahu-menahu bahwa misi Blu adalah untuk menyelamatkan spesies mereka yang terancam punah. "Makanya, dia kaget sewaktu Blu mendekatinya," kata Hathaway.

Aktris Anne Hathaway akan memerankan karakter Catwoman dalam 'The Dark Knight Rises' yang akan dirilis di Amerika tahun depan.

Aktris Anne Hathaway akan memerankan karakter Catwoman dalam 'The Dark Knight Rises' yang akan dirilis di Amerika tahun depan.

Terjun ke dunia animasi, Anne Hathaway merasakan banyak perbedaan dengan main di film biasa. Ia juga merasa aneh berada di studio rekaman sambil membaca skenario film ini sendirian, tanpa mengetahui bagaimana proses rekaman suara aktor-aktor lainnya, termasuk aktor Jamie Foxx, Jane Lynch, dan Wanda Sykes. Kata Hathaway, ”saya masuk ke studio rekaman sendirian, tanpa mengetahui bagaimana proses rekaman suara aktor-aktor lainnya. Setelah melihat hasil filmnya, saya sangat bersyukur karena bagus.”

Tapi, siapa yang menyangka kalau penggarapan film ini memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar tiga tahun.

Tepis Kritik

Anne Hathaway berkomentar mengenai pengalamannya sebagai pembawa acara Academy Awards baru-baru ini, yang sempat mendapat pujian sekaligus juga kritikan dari masyarakat. Menurut Hathaway, “Ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari sejarah perfilman.”

Memang setelah acara tersebut, kritik dari masyarakat dan juga media mulai bermunculan. “Kritikan yang saya dapat memang tajam. Mereka bilang kami (Hathaway dan James Franco) adalah pembawa acara terburuk. Tapi, ada juga orang-orang yang bilang kalau bagus. Saya sangat bersyukur dan bisa menjadikan ini sebagai kenangan yang bisa saya ceritakan kepada cucu-cucu saya nanti.”

Membawakan acara Academy Awards bisa dibilang pekerjaan paling menantang dalam dunia hiburan dan tentunya si pembawa acara cukup berani untuk menerima pekerjaan tersebut. Hathaway berpendapat, “menurut saya tidak terlalu sulit, karena sewaktu membawakan acara di Academy Awards di Kodak Theatre suasananya cukup hangat. Tapi, memang kritikan yang saya terima sangat tajam.”

Sewaktu ditanya apakah ia mau melakukannya lagi. Hathaway mengatakan, "Kenapa tidak? Tapi tidak tahu, mungkin juga saya tidak mau."

Walaupun begitu, akting Hathaway masih tetap menjadi favorit di Hollywood. Selain film Rio, Hathaway juga baru saja selesai menggarap sebuah film drama romantis berjudul "One Day," dan tengah menggarap film Batman terbaru yang berjudul "The Dark Knight Rises," di mana dia akan berperan sebagai Catwoman.

XS
SM
MD
LG