Tautan-tautan Akses

Annan Peringatkan Konsekuensi Bila Krisis Suriah Berlanjut


Utusan PBB Kofi Annan (kiri) melakukan konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi di Teheran (10/7).

Utusan PBB Kofi Annan (kiri) melakukan konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi di Teheran (10/7).

Utusan PBB Kofi Annan telah memperingatkan bahwa kegagalan menyelesaikan krisis di Suriah dapat menimbulkan berbagai konsekuensi yang sulit dibayangkan.

Utusan PBB Kofi Annan berbicara demikian hari Selasa usai pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi di Teheran, sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan rencana perdamaiannya bagi Suriah. Iran adalah sekutu utama Suriah di kawasan.

Annan mengatakan pemerintah Iran telah bekerjasama dengan upaya-upayanya dan kini ia ingin melanjutkan kerjasama dengan Teheran untuk mencari solusi damai.
Annan kini berada di Baghdad untuk membahas krisis Suriah dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki.

Di Rusia, kantor berita Interfax memberitakan bahwa kapal-kapal Rusia dari armada utara akan berkoordinasi dengan satu unit kapal perang Laut Hitam untuk latihan tempur di Laut Tengah dan Laut Hitam. Laporan lainnya menyebutkan paling sedikit satu kapal akan menuju ke Suriah.

Negara-negara Barat telah mengritik Rusia karena tidak memutuskan hubungan militer dengan Suriah. Hari Senin, seorang pejabat pertahanan senior Rusia, Vyacheslav Dzirkaln, wakil ketua badan kerjasama teknis dan militer Rusia, mengatakan, Moskow tidak lagi akan menjual senjata untuk Suriah hingga situasi di sana tenang.
XS
SM
MD
LG