Tautan-tautan Akses

Annan: DK PBB akan Putuskan Tindakan Berikut bagi Suriah


Utusan khusus PBB untuk perdamaian Suriah, Kofi Annan (foto: dok).

Utusan khusus PBB untuk perdamaian Suriah, Kofi Annan (foto: dok).

Utusan khusus PBB, Kofi Annan mengatakan, Presiden Suriah Bashar al-Assad telah membahas kemungkinan pembentukan pemerintah transisi Suriah.

Kofi Annan – utusan khusus PBB untuk Suriah mengatakan Dewan Keamanan PBB akan segera membuat keputusan mengenai tindakan-tindakan yang akan diambil dalam mengatasi krisis di Suriah.

Kofi Annan mengatakan Presiden Suriah Bashar al-Assad telah membahas kemungkinan pembentukan pemerintah transisi Suriah, dan mengajukan nama seseorang untuk mewakili Suriah dalam perundingan dengan pihak oposisi.

Kofi Annan hari Rabu berbicara di Jenewa di hadapan ke-15 anggota Dewan Keamanan melalui video-konferensi.

Para pemimpin kelompok oposisi Suriah mengatakan dukungan Rusia atas Presiden Bashar Al-Assad membuat aksi kekerasan di Suriah terus berlangsung.

Anggota-anggota kelompok oposisi Dewan Nasional Suriah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di Moskow, tetapi kemudian mengakui bahwa Rusia – sekutu utama Suriah – belum mencabut dukungan atas pemerintah Assad.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov hari Rabu memastikan posisi Rusia bahwa pemerintah dan kelompok oposisi Suriah harus menghentikan semua kekerasan dan rakyat Suriah harus memutuskan masa depan negara mereka.
XS
SM
MD
LG