Tautan-tautan Akses

Annan Desak Suriah Penuhi Kewajiban dalam 48 Jam


Utusan PBB untuk Suriah, Kofi Annan (kiri) memberikan konferensi pers bersama Menlu Iran Ali Akbar Salehi di Teheran (11/4).

Utusan PBB untuk Suriah, Kofi Annan (kiri) memberikan konferensi pers bersama Menlu Iran Ali Akbar Salehi di Teheran (11/4).

Utusan Liga Arab dan PBB untuk Suriah Kofi Annan juga mendesak oposisi Suriah agar berpegang pada komitmen menghentilkan kekerasan.

Utusan Liga Arab dan PBB untuk Suriah Kofi Annan mendesak pemerintah Suriah agar menggunakan 48 jam mendatang untuk memenuhi kewajibannya sesuai dengan rencana perdamaian enam butir yang diusulkannya, agar kekerasan dapat dihentikan selambat-lambatnya pada tenggat 12 April.

Dalam surat kepada Dewan Keamanan hari Selasa Annan mempersoalkan pernyataan Damaskus bahwa tentara Suriah ditarik dari beberapa kota. Ia mendesak oposisi Suriah agar berpegang pada komitmen menghentilkan kekerasan dan menghimbau negara-negara yang punya pengaruh terhadap Suriah agar membantu menghentikan konflik.

Hari Selasa para anggota Dewan Keamanan menyatakan keprihatinan mendalam mengenai tingkat komitmen yang ditunjukkan pemerintah Suriah sebegitu jauh.

Duta besar Amerika Susan Rice yang memegang jabatan presiden Dewan Keamanan bulan ini mengatakan, jika Suriah tidak memenuhi kewajibannya, masyarakat internasional dan Dewan Keamanan akan harus memutuskan apakah akan mengambil langkah berikut.
XS
SM
MD
LG