Tautan-tautan Akses

Angkatan Laut Rusia Dikerahkan ke Suriah untuk Unjuk Kekuatan


Kapal rudal nuklir Rusia "Pyotr Veliky" (Peter the Great) berlabuh di Severomorsk, tidak jauh dari kota Murmansk. (Foto: Dok)

Kapal rudal nuklir Rusia "Pyotr Veliky" (Peter the Great) berlabuh di Severomorsk, tidak jauh dari kota Murmansk. (Foto: Dok)

Armada ini dipimpin oleh kapal induk Rusia, Admiral Kuznetzov, kapal perang Peter the Great, yang digerakkan nuklir, sebuah kapal perusak dan kapal anti kapal selam.

Pengerahan angkatan laut terbesar telah menarik perhatian saat armada kecil kapal Rusia berlayar melewati Norwegia dan Selat Inggris menuju Laut Tengah untuk mendukung kampanye udara Moskow di Suriah.

Angkatan Laut Inggris membayang-bayangi armada Rusia itu Jumat (21/10) sementara berlayar di Selat Inggris, dan ini dinilai sebagai uji penanggapan oleh anggota-anggota NATO.

“Ada anggapan umum di sini bahwa Rusia sekali lagi meraih status sebagai kekuasaan besar, dan kami akan hadir di mana saja,” kata Victor Mizin, seorang analis politik di Moscow State Institute of International Affairs. “Itu sebabnya, armada utara, yang merupakan armada terpenting dalam militer Rusia, memperluas kehadirannya di sini."

Armada ini dipimpin oleh kapal induk Rusia, Admiral Kuznetzov, kapal perang Peter the Great, yang digerakkan nuklir, sebuah kapal perusak dan kapal anti kapal selam. Armada ini menuju Laut Tengah sebagai bagian dari dukungan militer Moskow untuk pemerintah Suriah. [jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG