Tautan-tautan Akses

Angkatan Laut Israel Cegat Kapal yang Akan Terobos Blokade Gaza


Armada tiga kapal kecil yang membawa para aktivis pro-Palestina yang berlayar menuju blokade di Jalur Gaza, di laut terbuka dekat Kreta, Yunani (26/6).

Armada tiga kapal kecil yang membawa para aktivis pro-Palestina yang berlayar menuju blokade di Jalur Gaza, di laut terbuka dekat Kreta, Yunani (26/6).

Kapal-kapal tersebut membawa aktivis asing dan peralatan medis serta panel surya untuk membantu mengatasi kekurangan listrik di Gaza.

Angkatan Laut Israel mencegat sebuah kapal kecil yang membawa para aktivis asing yang berusaha menerobos blokade angkatan laut atas Jalur Gaza hari Senin (29/6).

Militer mengatakan kapal Israel menggiring kapal itu ke pelabuhan Ashdod hari Senin dan mengatakan para penumpang akan diserahkan kepada pihak imigrasi dan dideportasi. Tidak ada laporan adanya kekerasan.

Para aktivis mengatakan kapal itu adalah bagian dari armada yang mencakup tiga kapal lain yang putar haluan untuk menghindari angkatan laut Israel. Mereka mengatakan kapal-kapal tersebut membawa seorang anggota parlemen Israel keturunan Arab serta seorang mantan Presiden Tunisia Moncef Marzouki.

Para aktivis itu mengatakan kapal-kapal tersebut juga membawa peralatan medis serta panel surya untuk membantu mengatasi kekurangan listrik di Gaza.

Israel telah memasang blokade Gaza sejak militan Hamas mengambil-alih wilayah itu tahun 2007. Israel mengatakan blokade itu dibutuhkan untuk mencegah militan menyelundupkan senjata melalui laut.

Tahun 2010, Israel menyerang armada kapal yang membawa para aktivis Turki yang berusaha mencapai Gaza, dan menewaskan sembilan dari mereka. Tindakan itu menimbulkan kecaman internasional dan merusak hubungan Israel dengan Turki.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG