Tautan-tautan Akses

AS

Angkatan Laut AS akan Tingkatkan Percobaan Sonar


Riset mendapati penggunaan sonar di laut sangat mengganggu kehidupan ikan paus dan lumba-lumba (foto; dok).

Riset mendapati penggunaan sonar di laut sangat mengganggu kehidupan ikan paus dan lumba-lumba (foto; dok).

Angkatan Laut AS akan meningkatkan percobaan sonar, meskipun penggunaan sonar di laut sangat mengganggu kehidupan ikan paus dan lumba-lumba.

Angkatan Laut Amerika akan terus meningkatkan percobaan sonar dalam lima tahun ke depan, walaupun riset menunjukkan suara-suara keras dalam laut itu sangat mengganggu kehidupan ikan paus dan lumba-lumba.

Laporan-laporan tentang terdamparnya jenis-jenis ikan paus di pantai dalam jumlah besar terus bertambah di seluruh dunia, sejak militer Amerika menggunakan percobaan sonar setengah abad yang lalu.

Kata para pakar, suara sonar itu membuat ikan paus ketakutan dan berenang ke perairan yang dangkal, kehilangan arah dan kemudian terdampar ke pantai.
Selain banyaknya ikan paus dan lumba-lumba yang mati terdampar, para pakar khawatir hewan-hewan laut itu menderita stress karena cara mereka menyelam, mencari makan dan berkomunikasi terganggu oleh gelombang sonar itu.

Sonar digunakan oleh kapal-kapal selam atau pasukan penjaga pantai untuk memantau kapal-kapal selam asing yang mungkin mendekati perairan Amerika. Kata pejabat, penting bagi para pelaut mendapat latihan menggunakan sonar demi keamanan nasional.

Komisi Pantai California menolak rencana latihan sonar angkatan laut yang akan dimulai bulan Januari di lepas pantai California Selatan, tapi tidak punya kekuasaan untuk melarangnya.
XS
SM
MD
LG