Tautan-tautan Akses

Angka Pengangguran di Zona Euro Meningkat Tajam


Ribuan warga Madrid, kebanyakan dari kalangan pemuda, melakukan protes atas kondisi ekonomi di Spanyol (26/9). Spanyol termasuk salah satu anggota zona euro dengan pengangguran tertinggi.

Ribuan warga Madrid, kebanyakan dari kalangan pemuda, melakukan protes atas kondisi ekonomi di Spanyol (26/9). Spanyol termasuk salah satu anggota zona euro dengan pengangguran tertinggi.

Uni Eropa hari Senin memberitakan bahwa lebih dari 18 juta pekerja di kawasan zona euro menganggur, meningkat 2 juta dibanding pengangguran tahun lalu.

Jumlah penganggur membubung di blok negara-negara pengguna mata uang euro di Eropa, dengan kenaikan dua juta pekerja yang menganggur dibandingkan dengan tahun lalu.

Uni Eropa Senin memberitakan bahwa lebih dari 18 juta pekerja menganggur di blok 17 negara pengguna mata uang euro itu pada bulan Agustus, jumlah terbanyak sejak Uni Eropa pertama kali mencatat hal ini pada tahun 1995. Tingkat pengangguran di zona euro kini 11,4 persen, jauh lebih tinggi daripada dua pesaing ekonominya, yakni 8,1 persen di Amerika Serikat dan 4,1 persen di Jepang.

Sementara itu, tujuh juta pekerja disebut menganggur di 10 negara Uni Eropa lainnya yang tidak tergabung dalam zona euro. Jurubicara Komisi Eropa Jonathan Todd menyebut tingkat pengangguran secara keseluruhan tidak dapat diterima.

Tingkat pengangguran di Spanyol mencapai 25 persen pada bulan Agustus, sedangkan Yunani sedikit lebih rendah dari angka tersebut. Tingkat pengangguran di Jerman yang ekonominya kuat mencapai 5,5 persen, sedangkan negara tetangganya Austria, memiliki tingkat pengangguran terendah di zona euro dengan 4,5 persen.

Di Athena, para pejabat Yunani bertemu dengan para kreditor internasional untuk membahas rencana mereka bagi penghematan 17 miliar dolar dalam upaya memastikan pencarian dana talangan tahap berikutnya.
XS
SM
MD
LG