Tautan-tautan Akses

AS

Angka Pengangguran di AS Diperkirakan Tetap 8,2 Persen


Para pencari kerja antri dalam suatu acara perekrutan tenaga kerja di Los Angeles, California (Foto: dok).

Para pencari kerja antri dalam suatu acara perekrutan tenaga kerja di Los Angeles, California (Foto: dok).

Meskipun angka pengangguran diperkirakan akan tetap pada kisaran 8,2 persen, Departemen Perburuhan Amerika melaporkan permohonan tunjangan pengangguran turun 14 ribu untuk pertama kalinya pada minggu terakhir bulan Juni.

Angka pengangguran di Amerika Serikat diperkirakan akan tetap bertahan pada kisaran 8,2 persen saat Departemen Perburuhan mengeluarkan laporan lapangan pekerjaan untuk bulan Juni hari ini.

Tetapi, para pakar ekonomi yakin laporan pemerintah mungkin akan menunjukkan bahwa para penyedia lapangan pekerjaan menambah kira-kira antara 90 ribu dan 100 ribu pekerjaan bulan lalu, lebih baik dari 69 ribu yang bertambah bulan Mei.

Laporan belakangan ini telah menunjukkan keadaan yang belum menentu bagi ekonomi terbesar di dunia itu. Institute for Supply Management, kelompok pimpinan bagian pembelian, mengeluarkan dua laporan terpisah pekan ini yang menunjukkan penurunan kegiatan produksi pabrik bulan Juni, penurunan yang pertama dalam hampir tiga tahun terakhir, sementara kegiatan non-pabrik sedikit menurun pada bulan sebelumnya.

Tetapi, Departemen Perburuhan Amerika melaporkan hari Kamis bahwa permohonan tunjangan pengangguran untuk pertama kalinya turun 14 ribu dalam minggu yang berakhir tanggal 30 Juni. Sementara perusahaan penghitung gaji ADP mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan menambah 176 ribu pekerjaan bulan lalu.

Krisis hutang negara yang sedang berlangsung di Eropa, serta kemacetan politik di Washington, telah menghentikan pemulihan ekonomi Amerika dari resesi global.
XS
SM
MD
LG