Tautan-tautan Akses

Angka Kemiskinan Meningkat di Nigeria


Nigeria adalah produsen minyak terbesar Afrika, namun mayoritas penduduknya hidup dalam kemiskinan.

Nigeria adalah produsen minyak terbesar Afrika, namun mayoritas penduduknya hidup dalam kemiskinan.

61 persen rakyat Nigeria berpenghasilan kurang dari 1 dolar per hari pada tahun 2010, meningkat dari 51 persen tahun 2004.

Pemerintah Nigeria menyatakan kemiskinan terus meningkat di negara itu meskipun terjadi pertumbuhan ekonomi dalam beberapa tahun belakangan.

Biro Statistik Nasional menyatakan 61 persen rakyat Nigeria hidup dengan penghasilan kurang dari 1 dolar per hari pada tahun 2010, dibandingkan dengan jumlah sekitar 51 persen pada tahun 2004.

Disebutkan bahwa persentase rakyat Nigeria yang hidup dalam “kemiskinan absolut” juga mencapai 61 persen pada tahun 2010, naik dari angka 55 persen pada enam tahun sebelumnya.

Tingkat kemiskinan tertinggi ditemukan di bagian barat laut dan timur laut Nigeria. Laporan itu juga mencatat kenaikan ketidakseimbangan pendapatan di Nigeria.

Kepada wartawan di Abuja, kepala biro statistik Yemi Kale mengatakan angka-angka tersebut dan ketidakseimbangan pendapatan mungkin meningkat lebih jauh pada tahun 2011.

Nigeria adalah produsen minyak terbesar Afrika, memproduksi lebih dari dua juta barel minyak per hari, tetapi negara ini dicemari oleh korupsi dan minimnya pembangunan.

XS
SM
MD
LG