Tautan-tautan Akses

Anggota Kongres AS Tegaskan Dukungan Otonomi Khusus Bagi Papua


Eni Faleomavaega, anggota kongres Amerika (Foto: dok)

Eni Faleomavaega, anggota kongres Amerika (Foto: dok)

Anggota Kongres Amerika Eni Faleomavaega menegaskan bahwa pihaknya tidak mendukung kemerdekaan Papua, namun menyetujui otonomi khusus bagi propinsi itu. Hal ini ditegaskannya dalam pertemuan dengan Kaukus DPR-Amerika Kamis sore (26/4).

Ketua delegasi Indonesia Priyo Budi Santoso menyampaikan hal ini pada acara temu muka dengan tokoh-tokoh masyarakat Indonesia di KBRI Washington, Kamis malam (27/4).

“Eni Faleomavaega menyatakan dengan tegas bahwa dirinya tidak mendukung kemerdekaan Papua. Pernyataan itu kami kunci. Alhamdulillah. Dana otsus sebesar 30 trilyun kita berikan kepada Papua dan 15 trilyun kita berikan kepada Aceh. Propinsi lain tidak boleh protes. Kebetulan saya ini kepala desk Aceh di DPR. Kita tunjukkan pada Kongres Amerika, termasuk Eni Faleomavaega, bahwa kita serius betul menyelesaikan masalah ini,” kata Priyo Budi Santoso.

Eni Faleomavaega yang merupakan perwakilan dari Samoa dikenal kerap mengecam Indonesia terkait Papua. Namun dalam pertemuan dengan Kaukus DPR-Amerika, Eni justru mengatakan akan mendukung Papua dalam kerangka NKRI, namun mendesak upaya serius pemerintah Indonesia untuk memperbaiki situasi di Papua melalui pembentukan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UKP4B).

Anggota Kaukus DPR-Amerika dari Partai Kebangkitan Bangsa asal daerah pemilihan Papua, Peggi Patrisia Pattipi mengatakan kepada VOA situasi keamanan di Papua sudah jauh lebih baik meskipun masih terjadi perang antarsuku di daerah pegunungan yang berada dalam pengendalian aparat negara.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG