Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Tim Penyelamat Dokter AS Yang Diculik Taliban Tewas


Tentara Amerika di Qalat, provinsi Zabul, Afghanistan. (Foto: Dok)

Tentara Amerika di Qalat, provinsi Zabul, Afghanistan. (Foto: Dok)

Usaha penyelamatan seorang dokter Amerika yang diculik Taliban menewaskan seorang anggota tim penyelamat.

Seorang jurubicara NATO hari Senin (10/12) menggambarkan penyelamatan Dr. Dilip Joseph dari para penculik bersenjata lengkap dengan senapan-senapan penyerang dan granat berpeluncur roket.

Presiden Amerika Barack Obama mengukuhkan kematian itu hari Minggu, dengan mengatakan bahwa anggota tim operasi khusus Amerika itu dan rekan-rekan satu timnya mengingatkan sekali lagi pengabdian yang tidak mementingkan diri sendiri yang memungkinkan Amerika tetap kuat, aman dan merdeka.

Menteri Pertahanan Leon Panetta juga memuji anggota militer itu dengan menyebutnya pahlawan yang gugur.

Dr. Dilip Joseph diselamatkan Minggu pagi dalam operasi bersama pasukan Amerika dan pasukan Afghanistan setelah informasi intelijen menunjukkan ia bisa segera dilukai atau dibunuh. Anggota tim operasi khusus yang tewas dalam operasi itu dikabarkan adalah seorang anggota Navy SEAL.

Para pejabat mengatakan Dr. Joseph dan dua rekannya warga Afghanistan diculik Rabu lalu di luar ibukota Afghanistan, di distrik Sarobi provinsi Kabul. Kedua warga Afghanistan itu dibebaskan hari Sabtu setelah dilakukannya perundingan.

Ketiga orang itu bekerja untuk Morning Star Development, sebuah organisasi bantuan yang berbasis di Amerika yang membantu membangun kembali komunitas di Afghanistan.
XS
SM
MD
LG