Tautan-tautan Akses

Anggota PBB Pilih 5 Negara Anggota Baru DK


Angola, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol dan Venezuela terpilih sebagai anggota baru Dewan Keamanan PBB (foto: dok).

Angola, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol dan Venezuela terpilih sebagai anggota baru Dewan Keamanan PBB (foto: dok).

Majelis Umum PBB hari Kamis (16/10) memilih Angola, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol dan Venezuela sebagai anggota baru Dewan Keamanan.

Majelis Umum PBB telah memilih Angola, Malaysia, Selandia Baru, Spanyol dan Venezuela sebagai anggota Dewan Keamanan selama dua tahun yang terdiri dari 15 negara.

Lima negara itu memenangkan dukungan suara dua pertiga yang diperlukan dari 193 negara Majelis Umum setelah pemungutan suara tiga putaran di mana Turki tersingkir oleh Selandia Baru dan Spanyol.

Dalam putaran pemungutan suara hari Kamis (16/10), analisa dipusatkan pada upaya Turki, karena pemerintah Turki menghadapi tekanan internasional untuk menekan peningkatan krisis akibat perang saudara dan serangan ekstrimis di negara tetangga Suriah. Belum ada komentar dari pejabat Turki atas hasil penghitungan suara.

Kelima negara pemenang akan bergabung dengan Dewan Keamanan tanggal 1 Januari dan bertugas hingga tahun 2017 sebagai anggota Dewan Keamanan yang tidak memiliki hak veto, menggantikan Argentina, Australia, Luksemburg, Korea Selatan dan Rwanda.

XS
SM
MD
LG