Tautan-tautan Akses

Anggota PBB akan Pilih 5 Anggota Baru DK


Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat di markas PBB di New York (foto: dok).

Dewan Keamanan PBB mengadakan rapat di markas PBB di New York (foto: dok).

DK PBB saat ini terdiri dari lima anggota tetap: China, Perancis, Rusia, Inggris dan AS, serta lima anggota tidak tetap: Chad, Chili, Yordania, Lithuania dan Nigeria.

Majelis Umum PBB hari Kamis dijadwalkan akan memilih lima anggota baru Dewan Keamanan, masing-masing untuk masa jabatan dua tahun.

Tidak ada yang menentang keanggotaan Angola, Malaysia dan Venezuela di kawasan mereka masing-masing, dan hanya perlu dua pertiga suara dari negara-negara pemilih agar bisa bergabung dengan Dewan Keamanan pada 1 Januari.

Kini tinggal Selandia Baru, Spanyol dan Turki yang bersaing memperebutkan dua kursi di kelompok “Eropa Barat dan lainnya.”

Dewan Keamanan mengawasi berbagai masalah keamanan dan perdamaian internasional, dan telah berusaha keras mengatasi sejumlah krisis yang belakangan ini terjadi di Afrika, Timur Tengah, Ukraina dan tanggapan global terhadap virus Ebola.

Para anggota baru Dewan Keamanan akan bergabung dengan lima anggota tetap, yaitu China, Perancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat, serta lima anggota tidak tetap lainnya: Chad, Chili, Yordania, Lithuania dan Nigeria.

XS
SM
MD
LG