Tautan-tautan Akses

Anggota Parlemen Selandia Baru Protes Delegasi Tiongkok


Seorang anggota parlemen Selandia Baru melakukan unjuk rasa saat kunjungan Wapres Tiongkok Xi Jinping.

Seorang anggota parlemen Selandia Baru melakukan unjuk rasa saat kunjungan Wapres Tiongkok Xi Jinping.

Anggota parlemen yang melambai-lambaikan bendera Tibet itu bentrok dengan pengawal Wapres Tiongkok di Wellington, Jumat.

Seorang anggota parlemen Selandia Baru yang melambai-lambaikan bendera Tibet mengatakan dia didatangi oleh sejumlah anggota delegasi yang melakukan kunjungan dengan Wakil Presiden Tiongkok Xi Jinping di Wellington hari Jumat.

Russel Norman, salah satu pemimpin Partai Hijau yang minoritas, mengatakan dia sedang menyerukan demokrasi bagi Tibet ketika Xi dan delegasinya tiba di parlemen Selandia Baru untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat.

Norman mengatakan beberapa orang dalam delegasi itu berusaha menempatkan sebuah payung di depannya, kemudian mengambil bendera Tibet itu dari tangannya. Beberapa orang yang terlibat itu telah diidentifikasi sebagai penjaga keamanan.

Anggota parlemen itu mengatakan sangat keterlaluan bahwa para penjaga keamanan Tiongkok dapat “mempermainkan” seorang anggota parlemen yang membela kemerdekaan dan demokrasi di negaranya sendiri. Dia mengatakan dia telah mengajukan pengaduan resmi kepada kepolisian setempat.

XS
SM
MD
LG