Tautan-tautan Akses

Anggota Parlemen Perempuan Afghanistan akan Terus Mogok Makan


Simeen Barakzai melakukan mogok makan di dalam sebuah tenda di luar gedung parlemen di ibukota Kabul hari Minggu (9/10).

Simeen Barakzai melakukan mogok makan di dalam sebuah tenda di luar gedung parlemen di ibukota Kabul hari Minggu (9/10).

Simeen Barakzai telah melakukan mogok makan hari ke-8 di Kabul hari Minggu (9/10), untuk memrotes pemecatannya dari parlemen Afghanistan.

Seorang legislator perempuan Afghanistan yang dipecat dari parlemen terkait tuduhan kecurangan pemilu menyatakan tekad akan meneruskan mogok makan yang telah dilakukannya lebih dari sepekan, sampai ia ditugaskan kembali.

Minggu adalah hari kedelapan Simeen Barakzai melakukan aksi mogok makan di dalam sebuah tenda di luar gedung parlemen di Kabul. Seorang dokter mengatakan kepada kantor berita Prancis bahwa kondisi kesehatan Barakzai memburuk menjadi kritis.

Komisi Pemilu Afghanistan memecat Barakzai dan delapan legislator lain dari parlemen bulan Agustus dalam upaya menyelesaikan tuduhan sejak lama mengenai kecurangan pemilu terhadap beberapa legislator yang terpilih bulan September tahun lalu. Sebagian legislator yang memboikot parlemen untuk memrotes pemecatan itu kembali ke kursi mereka hari Sabtu.

Dalam perkembangan lain, aliansi NATO hari Minggu mengatakan dua tentaranya tewas dalam serangan hari Sabtu di Afghanistan selatan. Rincian lain tidak diberikan. NATO juga mengatakan, pasukan gabungan NATO-Afghanistan menewaskan seorang militan Taliban dan menahan beberapa lainnya termasuk seorang pemimpin pemberontak dalam operasi Sabtu hingga Minggu di provinsi Nangarhar.

XS
SM
MD
LG