Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Kongres AS Mundur Akibat Terlibat Skandal


Anggota Kongres AS Chaka Fattah keluar dari gedung pengadilan federal, Agustus 2015.

Anggota Kongres AS Chaka Fattah keluar dari gedung pengadilan federal, Agustus 2015.

Chaka Fattah Fattah meminjam $1 juta untuk kampanye dan menggunakan dana hibah dari organisasi nirlaba yang ia ciptakan sendiri untuk membayar utangnya itu.

Seorang anggota Kongres Amerika, Chaka Fattah dari Pennsylvania menyatakan akan mengundurkan diri setelah didapati bersalah atas sejumlah tuduhan, termasuk penipuan dan penyuapan.

Fattah dinyatakan bersalah terlibat dalam korupsi karena menggunakan hibah federal dan dana lembaga-lembaga nirlaba untuk membayar utang kampanye sebanyak US$1 juta.

Dalam surat kepada Ketua DPR Paul Ryan, Fattah mengajukan pengunduran diri mulai tanggal 3 Oktober.

Sidang mengenai hukumannya telah dijadwalkan pada bulan Oktober namun Ryan meminta Fattah segera meninggalkan jabatannya. Ryan mengatakan Fattah telah "mengkhianati kepercayaan lembaga DPR dan orang-orang dari Pennsylvania," dan ia berharap para pemimpin Demokrat akan ikut menyerukan pengunduran diri Fattah dengan segera.

Fattah tidak punya banyak waktu lagi duduk dalam DPR karena ia kehilangan kursinya dalam pemilu pendahuluan Demokrat April lalu.

Menurut bukti yang diajukan dalam persidangan, Fattah meminjam $1 juta untuk kampanyenya yang gagal menjadi walikota Philadelphia, dan menggunakan $600.000 dari dana Perhimpunan Promosi Pendidikan, sebuah organisasi nirlaba yang ia ciptakan sendiri untuk membayar utangnya itu.

Dakwaan lain dalam penipuan itu, Fattah membuat kontrak-kontrak palsu dan laporan palsu dalam pembukuan orgaisasi nirlaba untuk menyembunyikan penipuan itu.

Selain itu, Fattah, 59, menggunakan dana kampanye kongres untuk membayar kredit pinjaman uang kuliah anaknya. Putranya itu sedang menjalani hukuman lima tahun atas tuduhan penipuan. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG