Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Kongres AS Desak Pembekuan Anggaran untuk Mesir


Senator dari partai Republik AS, John McCain (kanan) dan Kelly Ayotte dalam sebuah konferensi pers di Gedung Capitol, Washington DC (Foto: dok).

Senator dari partai Republik AS, John McCain (kanan) dan Kelly Ayotte dalam sebuah konferensi pers di Gedung Capitol, Washington DC (Foto: dok).

Sejumlah anggota Kongres Amerika mendesak pembekuan bantuan Amerika pada Mesir, Minggu (18/8).

Senator faksi Republik John McCain dan Kelly Ayotte yang bulan lalu – setelah penggulingan Mohammed Morsi – mendorong agar bantuan Amerika pada Mesir itu tidak dibekukan, kini mengubah pandangan mereka. Hal ini disampaikannya dalam program televisi “Meet the Press” stasiun NBC hari Minggu, dimana Ayotte mengatakan pemberian bantuan itu mengirim pesan yang salah kepada militer Mesir.

Tampil di program yang sama, senator faksi Demokrat Jack Reed mengatakan beberapa insiden baru-baru ini di Mesir menuntut “perubahan” kebijakan pemberian bantuan dari Amerika. Tetapi ia menekankan bahwa Amerika harus tetap terlibat di Mesir.

Sementara senator faksi Republik Bob Corker dalam program “This Week” stasiun ABC mengatakan ia yakin pengkajian ulang bantuan Amerika merupakan hal yang tepat dan bantuan itu akan dibatasi. Tetapi ditambahkannya Amerika jangan sampai lengah terhadap kepentingan-kepentingan vital di Mesir dan Timur Tengah.

Konstitusi Amerika memandatkan penghentian bantuan militer jika terjadi kudeta, tetapi pemerintah Obama telah menghindari penggunakan kata “kudeta” untuk menggambarkan penggulingan Mohammed Morsi.
XS
SM
MD
LG