Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Kongres AS akan Halangi Perubahan Mata Uang Baru


Steve King, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari negara bagian Iowa.

Steve King, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari negara bagian Iowa.

Gambar Harriet Tubman, tokoh anti perbudakan kulit hitam yang hidup semasa perang saudara di Amerika, akan menggantikan gambar Presiden Jackson di bagian muka uang kertas $20.

Seorang anggota Kongres AS dari Partai Republik sedang berusaha menghalangi Departemen Keuangan untuk memasang gambar tokoh anti-perbudakan Harriet Tubman, menggantikan wajah presiden Amerika ke-7, Andrew Jackson pada uang kertas US$20.

Steve King, anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari negara bagian Iowa mengajukan amandemen atas rancangan undang-undang anggaran pengeluaran federal untuk melarang penggunaan dana untuk mengubah disain mata uang dolar dan uang logam Amerika.

Menteri Keuangan Jacob Lew bulan April lalu mengumumkan bahwa gambar Harriet Tubman, tokoh anti perbudakan kulit hitam yang hidup semasa perang saudara di Amerika, akan menggantikan gambar Presiden Jackson di bagian muka uang kertas $20. Gambar Jackson akan dipindahkan ke bagian belakang pada mata uang yang sama.

Bekas budak dan pemimpin gerakan pembebasan budak di Amerika itu akan menjadi warga Amerika kulit hitam pertama, sekaligus perempuan pertama yang gambarnya menghias mata uang kertas Amerika. [ii/ps]

XS
SM
MD
LG