Tautan-tautan Akses

AS

Anggota DPR AS Prihatin soal Kesepakatan Nuklir Iran


Ketua Komisi Urusan Luar Negeri DPR Amerika (Foto: dok).

Ketua Komisi Urusan Luar Negeri DPR Amerika (Foto: dok).

Ketua Komisi Urusan Luar Negeri DPR Amerika enggan memberikan dukungannya bagi kesepakatan nuklir yang bersejarah dengan Iran.

Anggota DPR Partai Republik dari negara bagian California hari Minggu (24/11) mengatakan ia punya “keprihatinan serius” bahwa kesepakatan itu tidak memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melindungi kepentingan Amerika dan sekutu-sekutunya.

Royce mengatakan pelonggaran sanksi terhadap Iran lebih merupakan penyelamatan bagi Iran daripada konsesi sedang-sedang saja. Ia mengatakan, perjanjian nuklir Iran itu hanya memberi Teheran ruang untuk bernapas, dan memungkinkan negara itu mempertahankan berbagai kemampuannya untuk membuat senjata nuklir.

Enam negara kuat dunia yang bertemu dengan Iran di Jenewa telah mencapai kesepakatan dengan Teheran untuk menghentikan program nuklir Iran.

Sementara itu, Menlu Amerika John Kerry mengatakan, tujuan perjanjian itu adalah untuk mencapai perjanjian yang menyeluruh dengan Iran, sebelum sanksi-sanksi atas negara itu dicabut. Presiden Barack Obama hari Sabtu malam menyambut perjanjian itu sebagai hasil usaha diplomatik setelah terjadinya ketegangan selama puluhan tahun dengan Iran.
XS
SM
MD
LG