Tautan-tautan Akses

Anggota DPR Pakistan Desak Para Pemimpin Pakistan Mundur


Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari (atas) dan PM Yusuf Gilani dikecam karena gagal mencegah serangan AS.

Presiden Pakistan, Asif Ali Zardari (atas) dan PM Yusuf Gilani dikecam karena gagal mencegah serangan AS.

Pakistan telah mengungkapkan keprihatinan karena AS telah melancarkan operasi militer tanpa izin dari pejabat Pakistan.

Anggota DPR Pakistan mendesak Presiden Pakistan Asif Ali Zardari, PM Yusuf Raza Gilani dan pejabat tinggi lain untuk meletakkan jabatan, menyusul serangan Amerika yang menewaskan pemimpin al Qaida Osama bin Laden di Pakistan.

Pemimpin oposisi utama di parlemen Pakistan, Chaudhry Nisar Ali, mengatakan, mereka yang bertanggungjawab untuk mencegah serangan itu harus bertanggungjawab dan mundur.

Hari Sabtu, Kepala Staf Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Asfaq Kayani, bertemu dengan Zardari dan Gilani untuk membahas serangan Amerika itu, di mana helikopter-helikopter Amerika menerbangkan pasukan khusus ke rumah bin Laden di Abbottabad, sebuah kota di Pakistan hari Senin lalu.

Pakistan telah mengungkapkan keprihatinan karena Amerika telah melancarkan serangan itu tanpa izin dari pejabat Pakistan, dan mengatakan, “tindakan sepihak seperti itu” jangan menjadi preseden bagi negara-negara lain.

Pertanyaan-pertanyaan juga muncul tentang apakah pemerintah dan militer Pakistan tahu bin Laden bersembunyi di rumah itu di Abbottabad, yang letaknya tak seberapa jauh ke arah utara dari Islamabad, ibukota Pakistan.

XS
SM
MD
LG