Tautan-tautan Akses

Anggota APEC Didesak Kurangi Hambatan Perdagangan


Para pejabat anggota APEC setingkat menteri berpose bersama di Big Sky, negara bagian Montana, AS (18/5).

Para pejabat anggota APEC setingkat menteri berpose bersama di Big Sky, negara bagian Montana, AS (18/5).

Menteri Perniagaan AS Gary Locke mengatakan dalam pertemuan APEC di Montana, perintang demikian menghambat perusahaan AS berdagang lebih banyak di Asia.

Para pejabat tertinggi perdagangan Asia-Pasifik sedang didesak untuk berbuat lebih banyak untuk menghapuskan perintang perdagangan dalam pertemuan di negara bagian Montana, Amerika Serikat.

Menteri Perniagaan Amerika Gary Locke mengatakan kepada hadirin hari Rabu bahwa perintang demikian menghambat perusahaan-perusahaan Amerika berdagang lebih banyak di Asia.

Locke, yang telah dicalonkan untuk menjadi dutabesar Amerika untuk Tiongkok, juga mendesak perusahaan-perusahaan kecil dan menengah di kawasan Asia Pasifik untuk menerapkan strategi pertumbuhan yang ramah lingkungan dalam rencana perusahaan mereka.

Sementara itu, sekelompok Senator Amerika mendesak perlindungan yang lebih baik hak harta intelektual di kalangan anggota APEC. Mereka mengemukakan tentang hasil penelitian Komisi Perdagangan Internasional Amerika yang mengatakan perusahaan-perusahaan Amerika dapat menyediakan hampir satu juta lagi pekerjaan kalau Tiongkok menindak pelanggaran hak cipta produk-produk Amerika.

XS
SM
MD
LG