Tautan-tautan Akses

Anggota Al-Shabab yang Ditangkap Mengaku Warga AS


Anggota pasukan dari misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) melakukan patroli di pinggiran Mogadishu, Somalia (foto: ilustrasi).

Anggota pasukan dari misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) melakukan patroli di pinggiran Mogadishu, Somalia (foto: ilustrasi).

Pejabat Somalia mengatakan, pria anggota al-Shabab itu menyerah kepada petugas dan tentara Uni Afrika di kota pesisir Barawe, di wilayah Shabelle Ilir, Somalia.

Seorang pejabat di Somalia selatan, Hussein Mohamed Barre, mengatakan pihak berwenang menangkap seorang warga Amerika yang menjadi anggota kelompok militan al-Shabab.

Kepada VOA, Barre mengatakan, laki-laki itu menyerah kepada petugas dan tentara Uni Afrika di kota pesisir Barawe, di wilayah Shabelle Ilir, Somalia.

Komisaris distrik kota Barre tidak mengungkapkan nama laki-laki itu, tetapi menyatakan orang itu mengaku sebagai warga Amerika.

Laki-laki itu, menurut Barre, tampaknya lolos dari upaya pembunuhan oleh sesama anggota al-Shabab setelah pertarungan antara dua faksi kelompok tersebut.

Al-Shabab semakin terpecah, apakah harus tetap bersekutu dengan al-Qaida atau bergabung dengan kelompok militan ISIS.

Pemimpin al-Shabab telah menyatakan tetap berkomitmen pada al-Qaeda dan baru-baru ini memperingatkan pejuang pro-ISIS agar meninggalkan Somalia atau diusir dengan paksa. [ka/jm]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG